Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Extra Qilo Laundry Kiloan Di Kota Batam
DOI:
https://doi.org/10.32877/eb.v5i3.516
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan, Pelanggan
Abstract
Bisnis Laundry adalah salah satu organisasi yang bergerak di bidang jasa dan saat ini tersebar luas secara lokal, pelayanan yang diberikan ialah mencuci, menyetrika, dan dry cleaning. Kepuasan pelanggan adalah tingkat pelayanan atau kualitas produk. Faktor kepuasan pelanggan yaitu, ada perbedaan harga dan kualitas pelayanan. Penelitian ini bermaksud untuk memutuskan bagaimana pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan Extra Qilo Laundry Kiloan Di Kota Batam. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, populasi berasal dari pelanggan Extra Qilo Laundry Kiloan Di Kota Batam. Adapun pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling, sampel yang diambil peneliti adalah 100 responden. Dalam pengumpulan informasi peneliti menyebarkan kuesioner dengan mengajukan pertanyaan atau pernyataan kepada responden. Teknik analisis dilakukan dengan metode analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi,Uji t dan Uji f dengan pengolahan data menggunakan SPSS versi 25. Analisis hasil peneltian ini dapat di simpulkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai t hitung 9,194 > t tabel 1,984. Kualitas pelayanan dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan F hitung 109,834 lebih besar F tabel 3,09 dan nilai signifikasi 0,000 < 0,05.
Downloads
References
Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).
Christono, A. B. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan JNE CABANG BATAM. Journal of Economics and Business UBS, 8(1), 1–17. https://doi.org/10.52644/joeb.v8i1.13 DOI: https://doi.org/10.52644/joeb.v8i1.13
Gofur, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Sumber Utama Nusantara Medan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.240 DOI: https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.240
Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan (Cetakan Pe). UNITOMO PRESS.
Kurniawan, D., Adriansyah, M., & Gultom, I. S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Barbershop Mr. Head Slipi II Jakarta. HUMANIS (Humanities, Management and Sciene Proceeding 2021), 1(2), 313–324.
Rahayu, L. (2019). Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Konsumen Pada Konsumen Gubug Makan Iwak Kalen Godean. Universitas Mercu Buana Yogyakarta., 5–24.
RAHMADANI, C. A. (2019). Pengaruh Brand Image Service Quality dan Trust Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Nasabah BANK BRI Yogyakarta. 34.
Rosmani Sinaga, S.E., M. . (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN KARYAWAN PADA PT. CAPELLA DINAMIK NUSANTARA MEDAN. JURNAL STINDO PROFESIONAL Volume VI | Nomor 4 | Juli 2020 I S S N?: 2443 – 0536, 2, 197–217.
Salengo, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Go - Food Pada Pt Gojek. In Human Relations (Vol. 3, Issue 1).
Samsudin, C. M. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT HERBA PENAWAR ALWAHIDA INDONESIA(Studi Pada Alfatih Business Center II HPAI Kota Bengkulu) SKRIPSI. Konstruksi Pemberitaan Stigma Anti-China Pada Kasus Covid-19 Di Kompas.Com, 68(1), 1–12.
Sciences, H. (2020). Pengaruh Harga dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen. 4(1), 1–23.
Sugiarsih Duki Saputri, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Grab Semarang. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 10(1), 46–53. https://doi.org/10.35814/coverage.v10i1.1232 DOI: https://doi.org/10.35814/coverage.v10i1.1232
Tarigan, Algista, Reina, P. (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN ( Studi Pada Konsumen Kita-Kita Tour and Travel ). 6(4), 1270–1283.
W. Chrisharley. (2020). Pengertian kualitas pelayanan dan macam macam dimensi kualitas pelayanan. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.
Wahyudi, D., & Wahyuni, E. D. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Bisnis Jasa Transportasi Go-Jek. Management & Accounting Expose, 4(1), 45–54 DOI: https://doi.org/10.36441/mae.v4i1.283
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 eCo-Buss
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.