Pengaruh Service Quality, Trust dan Satisfaction Terhadap Repurchase Intention Pada Pengguna Online PT Great Seasons Travel

Pengaruh Service Quality, Trust dan Satisfaction Terhadap Repurchase Intention Pada Pengguna Online PT Great Seasons Travel

Authors

  • Flora Agustina Manullang
  • Heryenzus Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.32877/eb.v5i1.494

Keywords:

Kualiats Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Repurchase Intention, Service Quality, Satisfaction

Abstract

Pada era globalisasi saat ini, dunia bisnis modern dan teknologi yang semakin berkembang pesat dan telah menghadapai banyak perubahan dan kemajuan. Dalam persaingan yang begitu ketat membuat setiap industri tertantang untuk terus mengembangkan kualitasnya dengan menyediakan layanan yang selaras dengan kebutuhan konsumen, guna memenangkan persaingan serta mengalahkan pesaingnya di masa mendatang.Penulis melakukan penelitian pada  PT Great Seasons Travel yang bertujuan untuk mengetahui adanya dampak dari service quality, trust dan satisfaction terhadap repurchase intention. Metode pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik probability sampling. Strategi yang digunakan dalam pengumpulan data adalah melakukan penyebaran kuesioner kepada konsumen yang bersangkutan sebanyak 180 responden sebagai sampel pada riset yang telah dihitung menggunakan rumus slovin. Data yang di dapatkan akan diuji menggunakan software SPSS versi 25 dan akan di analisis dengan uji kualitas data, uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda. Hasil dari pengolahan data yang di temukan dengan uji koefisiensi determinasi dan uij hipotesis menyatakan bahwa Service Quality memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention,  Trust memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention dan Satisfaction memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention, secara serentak ketiga variabel memiliki pengaruh positif yang signifikan dan simultan terhadap repurchase intention

Downloads

Download data is not yet available.

References

August Halomoan, S. (2019). Pengaruh Trust Dan Satisfaction Terhadap Customer Loyalty Di Era E-Commerce Pada Toko Cheire Amore. Journal Of Management Accounting And Business Administration, 3(1), 1–10.

Diyanto, J. O. (2021). THE INTERNATIONAL JOURNAL OF BUSINESS & MANAGEMENT The Effect of Website Quality and Perceived Risk on Repurchase Intention Mediated by Trust on Lazada Consumer. 9(2017), 259–266.

Hardani, T., Handayati, A., & Sriwidodo, U. (2020). PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN. Jurnal Sumber Daya Manusia, VOL. 14 NO.

Heryenzus, & Agusvia, N. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian pada pt multikarya sarana makmur.

Kesuma, A. O. R., Fathon Aziz, & Budi, L. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cke Teknik Semarang. Journal of Management, 4(4), 1–22.

Kolonio, J., & Djurwati, S. (2019). Pengaruh Service Quality, Trust, Dan Consumer Satisfaction Terhadap Consumer Loyalty Pada Cv. Sarana Marine Fiberglass. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 831–840.

Manampiring, A., & Wenas, R. (2018). Analisis Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Manado Grace Inn. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(2), 1313–1322.

Maruli, S., Pandiangan, T., Resmawa, I. N., & Simanjuntak, O. D. P. (2021). Effect of E-Satisfaction on Repurchase Intention in Shopee User Students. 4(4), 7785–7791.

Masitoh, M. R., Wibowo, H. A., & Sunaryo, D. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan, dan Kepercayaan Merek terhadap Niat Pembelian Ulang di Toko Online Tokopedia. Manajemen, 8(1), 60–77.

Maulana, R. A., & Asron. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA ERAFONE GRAPARI TELKOMSEL BATAM CENTER. 1–12.

Megantara, I. M. T. (2016). ONLINE PADA SITUS TRAVELOKA . COM Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia Teknologi informasi berperan sangat penting pada era globalisasi saat ini . Teknologi informasi , komunikasi dan internet telah merambah berbagai bidang k. 5(9), 5783–5810.

Miranda regi, & Nurdasila. (2020). CITRA MEREK TERHADAP NIAT BELI ULANG JASA TRANSPORTASI P . O SIMPATI STAR DI KOTA BANDA ACEH. 5(2), 310–321.

Navarone, N., & Evanita, S. (2019). Pengaruh Service Quality dan Brand Trust terhadap Repurchase Intention melalui Customer Satisfaction sebagai Mediasi pada Produk Smartphone Samsung di Kalangan Mahasiswa Kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, 01, 50–62.

Perumal, S., Ali, J., & Shaari, H. (2021). Exploring nexus among sensory marketing and repurchase intention?: Application of S-O-R Model. 11, 1527–1536. https://doi.org/10.5267/j.msl.2020.12.020

Pramuditha, R., Hudayah, S., Indriastuti, H., & Mulawarman, U. (2021). Pengaruh Service Quality, E-Trust Terhadap E-Satisfaction Dan E-Loyalty Konsumen. 08(02), 123–134.

Sanjaya, I., & Syaifullah. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Kaliban Hotel.

Sari, A. A., & Azizah, N. (2021). Pengaruh Indikator Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Buying Decision Melalui Trust Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Konsumen Pengguna Shopee Di Kota Surabaya. JABEISTIK?: Jurnal Analitika Bisnis, Ekonomi, Sosial Dan Politik, 1(1), 107–117.

Wahyuni, R. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap loyalitas pelanggan harmoni suites hotel batam.

Published

2022-08-10

How to Cite

Manullang, F. A. ., & Heryenzus, H. (2022). Pengaruh Service Quality, Trust dan Satisfaction Terhadap Repurchase Intention Pada Pengguna Online PT Great Seasons Travel. ECo-Buss, 5(1), 362–374. https://doi.org/10.32877/eb.v5i1.494

Issue

Section

Articles
Abstract views: 31 / PDF downloads: 24
Loading...