Analisis Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pengguna Transportasi Online (Studi Pengguna Grab di Kota Cirebon)
DOI:
https://doi.org/10.32877/eb.v7i2.1732
Keywords:
Harga, Promosi, Kepuasan Pelanggan
Abstract
Penelitian ini mengkaji bagaimana harga, promosi, dan kualitas layanan mempengaruhi kepuasan konsumen dalam transportasi online, khususnya pelanggan Grab di Kota Cirebon. Studi asosiatif ini dapat menciptakan topik penelitian untuk menentukan hubungan variabel dan pengaruhnya terhadap variabel independen dan dependen. Kuesioner diberikan kepada pengguna Grab di Kota Cirebon dengan 100 tanggapan untuk penyelidikan kuantitatif ini. Penelitian ini menggunakan Uji Validitas (validitas konvergen, validitas diskriminan (Uji HTMT, Kriteria Fornell-Larcker, dan Cross Loading), Uji Reliabilitas, Uji Normalisasi, Uji Multikolinearitas, Uji Regresi Parsial (Uji T), Uji Kelayakan Model (Uji F) maupun uji Koefisien Determinasi. Data penelitian diolah menggunakan SmartPLS 4. Variabel independen penelitian ini adalah harga (X1), promosi (X2) maupun kualitas layanan (X3), dan variabel dependennya adalah kepuasan pelanggan (Y). dan kualitas layanan memiliki efek positif dan substansial. Penelitian memperlihatkan bahwa harga, promosi maupun kualitas layanan mempengaruhi kepuasan konsumen secara bersamaan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Adelia Puspita, Chandra Lukita, Sudadi Pranata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.