Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Pelanggan Dan Loyalitas Terhadap Kepuasan Pemakai Jasa (Studi Pada Pelanggan di Kantor Notaris Devi Ananji)
DOI:
https://doi.org/10.32877/eb.v5i3.689
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Nilai Pelanggan, Loyalitas, Kepuasan Pemakai Jasa, Kepauasan Pelanggan
Abstract
Alasan dilakukannya review ini adalah untuk menguji spekulasi atas faktor kualitas pelayanan, nilai pelanggan, dan loyalitas untuk mendukung pemenuhan pelanggan di kantor akuntan publik Devi Ananji SH., M.Kn. Populasi dalam penelitian ini adalah masing-masing dari 100 klien dari Kantor Notaris Devi Ananji. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh 100 responden. Pemeriksaan tersebut menggunakan berbagai pemeriksaan kekambuhan langsung dengan SPSS 25. Pemeriksaan tersebut menghasilkan tingkat kepentingan administrasi yang sangat besar 0,002 di bawah 0,05, harga diri klien menyebabkan tingkat kritis 0,015 di bawah 0,05, dan tingkat kepentingan kualitas administrasi 0,006 di bawah 0,05 yang mana menyiratkan nilai besar dari tiga faktor secara signifikan mempengaruhi pemenuhan pembeli. Terlebih lagi, dampak bersamaan dari kualitas administrasi, nilai klien, dan keandalan pada bantuan pemenuhan klien ditampilkan dalam tinjauan uji F di mana hasil dalam hasil ANOVA adalah bahwa nilai masuk akal bahwa nilai Fhitung lebih menonjol daripada Ftabel 9.234 yang lebih menonjol dari 3.07. Jadi spekulasi dalam tinjauan ini dikatakan mempengaruhi uji T dan dampak bersamaan pada F
Downloads
References
A, Aloysius Rangga, dan Ditya Nalendra. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan.” Manager?: Jurnal Ilmu manajemen 2(4):281. doi: 10.32832/manager.v2i4.3795. DOI: https://doi.org/10.26905/jbm.v4i2.1694
Ade Firmansyah, Havidz Aima. 2020. “Pengaruh pelatihan, kompensasi, dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan.” International Journal of Management and Business (IJMB) 1(1):31–36. doi: 10.46643/ijmb.v1i1.6. DOI: https://doi.org/10.46643/ijmb.v1i1.6
Alabboodi, A. S. 2019. “The effect of customer satisfaction on service quality: The case of Iraqi banks.” International Journal of Applied Research.
Apriansyah, R. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada Pt. Prioritas Rengat.” Jurnal Manajemen dan Bisnis. DOI: https://doi.org/10.34006/jmbi.v7i2.48
Dewi, Kiki Amelia. 2018. “Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan Dunkin’ Donuts di Surabaya dan Sidoarjo).” BISMA (Bisnis dan Manajemen) 9(1):43. doi: 10.26740/bisma.v9n1.p43-55. DOI: https://doi.org/10.26740/bisma.v9n1.p43-55
Jamaluddin, J., dan E. Ruswanti. 2017. “Impact of service quality and customer satisfaction on customer loyalty: a case study in a private hospital in Indonesia.” IOSR Journal of Business and Management. DOI: https://doi.org/10.9790/487X-1905012333
Kencana, Putri Nilam. 2017. “Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pada Tip Top Supermarket Ciputat.” Pekobis?: Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis 1(4):53. doi: 10.32493/pekobis.v1i4.p53-64.724. DOI: https://doi.org/10.32493/pekobis.v1i4.P53-64.724
Mandasari, Andina Eka. 2017. “Peran Produk, Harga dan Customer Service Dalam Membentuk Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Kartu Parcabayar.” Jurnal Ekonomi Manajemen Vol. 3(1)(ISSN 2477-2275):50–58.
Mustawadjuhaefa, B., dan M. Jobhaarbima. 2018. “Marketing mix and service quality effect on customer satisfaction and loyalty of Toyota cars.” Journal of Research in Business and Management.
Ningsih, Tri. 2018. “Analisis Pengaruh Pemasaran Hubungan Pelanggan , Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Implikasinya Terhadap Loyalitas Pelanggan.” Bisnis dan Iptek 9(2):76–97.
Salim, HS. 2018. “Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2004 Tentang Jabatan Notaris.” 1–53. DOI: https://doi.org/10.24123/jmta.v1i1.1840
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sulaeman, Firmansyah, dan Devi Krisnawati. 2020. “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt Adhi Karya, Tbk.” Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana 8(3):65–78. doi: 10.35137/jmbk.v8i3.476. DOI: https://doi.org/10.35137/jmbk.v8i3.476
Wardani, Dharu Kusuma, Patricia Diana Paramita, dan Maria M. Minarsih. 2018. “PENGARUH PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN YANG BERDAMPAK PADA REPURCHASE ITENTION (Studi Kasus Pada Pelanggan PT. Ntronik Lintas Nusantara Semarang).” Journal of Management 2(2):1–12.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 eCo-Buss
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.