Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga TerhadapKepuasan Pelanggan Pengguna Gojek (Go – Ride) Studi Pada Mahasiswa Kota Yogyakarta

Authors

    Betti Ratna Sari( 1 ) Dila Damayanti( 2 )

    (1) STIE Widya Wiwaha
    (2) STIE Widya Wiwaha

DOI:


https://doi.org/10.32877/eb.v6i3.1230

Keywords:


Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Telah terjadi pergeseran sosial yang disebabkan oleh kemajuan teknologi komunikasi yang pesat. Semakin banyak perusahaan bermunculan berkat kemajuan teknologi komunikasi; salah satunya adalah layanan ojek online. Orang-orang sangat bergantung pada transportasi, itulah sebabnya kita perlu memangkas waktu perjalanan. Bisnis membutuhkan rencana pemasaran yang efektif untuk mengungguli pesaing mereka dan memastikan eksistensi mereka. Untuk tetap bertahan dalam bisnis dan menarik serta mempertahankan pelanggan, perusahaan transportasi online harus beradaptasi dengan tren baru, seperti meningkatkan kualitas layanan dan secara konsisten mengutamakan kebutuhan konsumen. Di kalangan mahasiswa di Yogyakarta, studi ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana kepuasan pelanggan menggunakan Gojek (Go-Ride) berkorelasi dengan kualitas layanan. Untuk studi ini, diperlukan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Pendekatan sampel purposive digunakan oleh peneliti untuk memilih partisipan. Data untuk studi ini dianalisa dengan mempergunakan software statistik SPSS 23. Studi ini merupakan contoh dari teknik kuantitatif yang diterapkan. Temuan ini mengkonfirmasi hipotesa dari uji parsial ini bahwa kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan (5.156 > 1.986), yang didasarkan pada nilai t yang diestimasi untuk variabel kualitas layanan. Karena nilai t-hitung (5,201 > 1,986) lebih besar dari nilai t-tabel dan nilai signifikansi (0,000 < 0,025) pada variabel harga lebih kecil dari 0,025, maka uji parsial yang mengindikasikan bahwa harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan juga dapat diterima. Pengguna Gojek (Go-Ride) yang sebagian besar ialah mahasiswa Yogyakarta, dilaporkan tidak selalu puas dengan kualitas layanan yang mereka dapatkan, terutama dalam hal tarif.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-04-10

How to Cite

Sari, B. R. ., & Damayanti, D. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga TerhadapKepuasan Pelanggan Pengguna Gojek (Go – Ride) Studi Pada Mahasiswa Kota Yogyakarta. ECo-Buss, 6(3), 1564–1576. https://doi.org/10.32877/eb.v6i3.1230

Issue

Section

Articles
DOI: https://doi.org/10.32877/eb.v6i3.1230
DOI : https://doi.org/10.32877/eb.v6i3.1230
Abstract views: 377 / PDF downloads: 281