Pengaruh Diskon dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Wellindo Blast Media Di Kota Batam
DOI:
https://doi.org/10.32877/eb.v5i1.302
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Diskon
Abstract
Tantangan terbesar pada bisnis era global ialah membangun serta mempertahankan pelanggan yang puas hal ini agar pelanggan tidak melirik ataupun berpindah ke produk atau jasa lain dan kepuasan dapat mengarahkan pelanggan untuk melakukan pembelian ulang dan bahkan merekomendasikan produk ini ke sekitarnya. Kepuasan pelanggan sangat diperlukan karena sebagai tolok ukur kesuksesan perusahaan pada produk yang dikeluarkannya dan tingkat kepuasaan ini bisa dijadikan sebagai dasar perbaikan pada strategi pemasaran sebuah perusahaan. Kepuasan pelanggan dapat dipengaruhi banyak faktor, diantaranya ialah harga (salah satu unsurnya adalah diskon) dan kualitas pelayanan. Riset ini menerapkan analisis deskriptif kuantitatif serta populasi berasal dari pelanggan tetap PT Wellindo Blast Media di Kota Batam. Penarikan sampel menggunakan teknik Krejcie & Morgan dengan populasi berjumlah 168 didapatkan sampel sebanyak 118 responden. Untuk mengumpulkan data, peneliti menerapkan media kuesioner yang disebarkan melalui google forms dan kemudian diolah dengan aplikasi SPSS Versi 25 untuk membantu mendapatkan hasil penelitian. Secara masing-masing diskon mempengaruhi kepuasan pelanggan secara signifikan dimana t hitung 2,855 > t tabel 1,980 serta kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan pelanggan secara signifikan dimana nilai thitung 4,615 > t tabel 1,980. Dan secara simultan, ditemukan diskon serta kualitas pelayanan bepengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan dikarenakan nilai pada F hitung 25,621 > F tabel 3,08 serta nilai sig 0,000 > 0,05.
Downloads
References
Ashari, N. (2019). Pengaruh Citra Merek, Diskon, Kualitas Pelayanan, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Situs Traveloka.
Bill, Y. (2020). Analisis Faktor Trust Dan Price Discount Bagi Pengguna Traveloka Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Syntax Transformation. DOI: https://doi.org/10.46799/jst.v1i10.166
Budiyanto, E. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Diskon Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Giant Supermaket Rungkut Surabaya. Ekonomi, 03(01), 36–46.
Dewi, I. K., & Kusumawati, A. (2018). Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Pelanggan Bisnis Online. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 56(1), 155–163.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan (Cetakan Pe). UNITOMO PRESS.
Jacklin, M. P. R., Mandey, S., & Tampenawas, J. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Matahari Departmen Store Mega Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 431–440. https://doi.org/10.35794/emba.v7i1.22384
Kristiawan, A., Gunawan, I., & Vinsensius. (2018). Pengaruh Potongan Harga , Bonus Kemasan , Tampilan dalam Toko terhadap Keputusan Pembelian Impulsif. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 6(Kotler 2010), 30–44. DOI: https://doi.org/10.31843/jmbi.v6i1.181
Mawey, T. C., Tumbel, A. L., & Ogi, I. W. J. (2018). Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pt Bank Sulutgo. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3). https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20106
Mulyawan, R. (2017). Birokrasi dan Pelayanan Publik. UNPAD PRESS.
Novirsari, E. (2019). Pengaruh Diskon Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Pt . Himalaya Drug Company. Manajemen, STIE TRICOM, 12(2), 101–111.
Prabarini, A., Heryanto, B., & Astutik, P. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toserba Borobudur Kediri (Studi Kasus Produk Kecantikan Wardah). JIMEK?: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 1(2), 259. https://doi.org/10.30737/jimek.v1i2.308 DOI: https://doi.org/10.30737/jimek.v1i2.308
Priyanto, R., Hermawan, H., Nuhalimah, & Suryana. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Wisatawan serta Dampaknya terhadap Loyalitas. Upajiwa Dewantara, 2(2), 99–111. https://doi.org/10.26460/mmud.v2i2.3088 DOI: https://doi.org/10.26460/mmud.v2i2.3088
Putra, K. A. G. K., & Seminari, N. K. (2020). Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Dan Kewajaran Harga Berpengaruh Terhadap Kepuasan Pelanggan the Old Champ Cafe. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(10), 3423. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i10.p01 DOI: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i10.p01
Putri, A. M., Mulyani, D. J., & Mulyati, A. (2020). Pengaruh Potongan Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT SDA Indonesia Surabaya. Jurnal Dinamika Administrasi ….
Sartika, Y., Tonich, & Alexandro, R. (2019). Pengaruh Kualitas Jasa Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Cahaya Di Kecamatan Laung Tuhup Kabupaten Murung Raya. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 53(9), 1689–1699.
Sudirman, A., Alaydrus, S., Rosmayati, S., Syamsuriansyah, Nugroho, L., Arifudin, O., Hanika, I. musfirowati, Haerany, A., Rusmana, F. D., & Rijal, K. (2020). PERILAKU KONSUMEN Dan Perkembangannya Di Era Digital (Febrianty (ed.)). WIDINA BHAKTI PERSADA BANDUNG.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2019). KEPUASAN PELANGGAN-KONSEP, PENGUKURAN, DAN STRATEGI. ANDI.
Tussakdiah, N. H. (2021). Kualitas Pelayanan dan Potongan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen di Giant Extra Alaya Samarinda. Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(2), 250–259. https://doi.org/10.30872/psikoborneo DOI: https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i2.5961
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Juni Siska, Tiurniari Purba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.