Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen pada PT Ndexindo Mandiri Indonesia

Authors

    Yerry Susanto( 1 ) Realize Realize( 2 )

    (1) Universitas Putera Batam
    (2) Universitas Putera Batam

DOI:


https://doi.org/10.32877/eb.v5i2.459

Keywords:


Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada PT Ndexindo Mandiri Perkasa dengan teknik pengambilan sampling cochran yaitu jumlah sampel 385 responden. Metode pengumpulan data yaitu dengan kuesioner yang di sebarkan melalui google form. Uji kualitas data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji pengaruh dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dan analisis koefisien determinasi (R2), sedangkan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan (uji t) dan (uji F) dengan menggunakan software program SPSS versi 25. Hasil Koefisien determinasi (R2) yang diperoleh adalah variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh 54,9% terhadap minat beli konsumen. Dari hasil uji t dan uji f, maka dapat di simpulkan bahwa secara parsial kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen, serta secara simultan kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, K., & Oktarina, F. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Pelanggan Pada Perusahaan Mebel Ud. Lumintu Tegalsari - Ambulu. Majalah Ilmiah DIAN ILMU, 16(1), 48–59. https://doi.org/10.37849/midi.v16i1.63

Anwar, R. N., & Wardani, F. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Scarlett Di E-Commerce Shopee. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(5), 1370–1379.

Arianto, N., & Difa, S. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT Nirwana Gemilang Property. Jurnal Disrupsi Bisnis?: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, 3(2), 108. https://doi.org/10.32493/drb.v3i2.6299

Ermawati, E., Utami, R. P., & Pakawaru, I. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Nasi Kuning Puput Di Kayumalue. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(2), 36–56. https://doi.org/10.24239/jiebi.v2i2.31.36-56

Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Strategi Promosi Terhadap Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset …, 4(3), 415–424.

Hidayah, S. A., & Apriliani, R. A. E. (2019). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Kualitas Produk, Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Batik Pekalongan (Studi Pada Pasar Grosir Setono Batik Pekalongan). Journal of Economic, Business and Engineering, 1(1), 24–31.

Hidayah, S. A., & Apriliani, R. A. E. P. (2019). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Kualitas Produk dan Daya Tarik Promosi terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Batik Pekalongan (Studi pada Pasar Grosir Sentono Batik Pekalongan). Journal of Economic, Business and Engineering, 1(1), 24–31.

Irawan, M. R. N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT Satria Nusantara Jaya. Ekonika?: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 5(2), 140. https://doi.org/10.30737/ekonika.v5i2.1097

Kurniawati, L. M. (2020). Influence of Product Quality and Brand Equity on Buying Interest in Zoya Product in Botique, Tambun. Journal of Digital Marketing and Halal Industry, 1(1), 75. https://doi.org/10.21580/jdmhi.2019.1.1.4369

Masrurin, D. L., & Palupi, S. M. (2020). Analisis lokasi dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada UKM AISA Cookies Blitar. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 5(1), 1–17.

Sugiono. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF dan R&D (Sutopo (ed.); 1st ed.). ALFABETA.

Sugiyono. (2018). Sugiyono Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif.

Toha, A. S. H. (2022). The Influence of Brand Image and Quality of Service on Consumer Buying Interest in Delivery Services PT Paxel Algorita Unggul “Paxel.” 23(1), 4228–4238.

Tulim, A. (2019). Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadao Minat Beli Konsumen Pada PT Tirtayasa Sukses Makmur Medan. Jurnal Ilmiah Kohesi, 3(1), 68.

Umar Bakti, H., & Alie, M. S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi, 22(1), 18.

Yuliana, W., & Febriyani, E. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Tarif terhadap Minat Beli Penumpang Bus Damri Unit Angkutan Kota Bandung. Jurnal Ekonomi Manajemen, 4(Mei), 4.

Published

2022-12-10

How to Cite

Susanto, Y., & Realize, R. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen pada PT Ndexindo Mandiri Indonesia . ECo-Buss, 5(2), 508–518. https://doi.org/10.32877/eb.v5i2.459

Issue

Section

Articles
DOI: https://doi.org/10.32877/eb.v5i2.459
DOI : https://doi.org/10.32877/eb.v5i2.459
Abstract views: 331 / PDF downloads: 458