Analisis Harga,Produk dan Kualitas Layanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen

Authors

    Raston Sitio( 1 ) Charles V Sianipar( 2 ) Rodeyar S Pasaribu( 3 )

    (1) Universitas Mpu Tantular
    (2) Fakultas Ekonomi Universitas Mpu Tantular
    (3) Fakultas Ekonomi Universitas Mpu Tantular

DOI:


https://doi.org/10.32877/eb.v4i2.270

Keywords:


Harga, Produk, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan dan pengaruh harga,produk dan kualitas pelayanan pada kepuasan konsumen PT. Jalur Nugraha Ekakurir Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi untuk menggambarkan hubungan dan pengaruh variable bebas terhadap variable terikat. Populasinya adalah konsumen pengguna jasa PT. Jalur Nugraha Ekakurir Bekasi sejumlah 150 dengan rumus Slovin pada derajad kepercayaan 95% atau tingkat kesalahan 5% (? = 0.05 diperoleh sample sebanyak 109 responden.  Data terdiri dari data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner dan data sekunder diperoleh dari literatur-literatur terkait dengan topik penelitian ini. Penelitian ini dilakukan pada PT. JNE  Bekasi dari bulan Juli sampai Agustus 2021.  Data yang sudah terkumpul ditabulasi dan diuji dengan alat-alat statistik agar kelayakan data dapat dilanjutkan dengan analisis regresi berganda linier dengan menggunakan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini adalah bahwa harga,produk dan kualitas pelayanan berpengaruh pada kepuasan konsumen pada PT. Jalur Nugraha Ekakurir Bekasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ghozali,M.(2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Skripsi S1, Sekolah Tinggi Ekonomi Indonesia (STIESA). Surabaya
Hidayat, T. (2020). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang. Jurnal Ilmu Manajemem, 17(2), 95–105.
Kalalo, R. (2013). Customer Relationship Management Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pt. Matahari Dept. Store, Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 1553–1561. https://doi.org/10.35794/emba.v1i4.2960
Kusuma, P., & Suryani, A. (2017). Peran Customer Satisfaction Memediasi Pengaruh Marketing Mix Terhadap Repurchase Intention. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(3), 254993.
Kuswaraningtyas, H. L. (2017). Pengaruh,Produk,Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen.
Kotler,P., Kevin,L, K. (2008). Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas Jilid 1. Jakarta : PT. Gelora Aksara Pratama.
Kotler,P., Amstrong,G. (2001). Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Kotler,P.(2005). Manajemen Pemasaran Jilid 2. Jakarta : PT. INDEKS Kelompok Gramedia.
Kuswaraningtyas, H. L. (2017). Pengaruh,Produk,Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen.
Made Agung Nugraha, Ni Nyoman Yulianthini, G. P. A. J. S. J. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi Terhadap Penjualan. Jurnal Manajemen Indonesia, 4(1).
Prihandoyo, C. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jne Cabang Balikpapan. Jurnal GeoEkonomi, 10(1), 116–129. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v10i1.59
Rosyid, A. N., Djoko W, H., & Widayanto. (2013). Pengaruh Kualitas Produk , Citra Merek , Harga dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Revo ( Studi Kasus pada Konsumen Sepeda Motor Honda Revo Astra Motor Kebumen ). Diponegoro Journal of Social and Politic, 1–8.
Keputusan Pembelian Handphone Samsung Galaxi Series”. Jurnal UG. Vol. 7,No. 5.
Setyaka, H. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Harga Terhadap Penjualan Karoseri Wing Box Di Pt. Mitra Toyotaka Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 6(1), 48. https://doi.org/10.34127/jrlab.v6i1.166
Stanton,J,W. (2004). Prinsip Pemasaran”, Edisi ketujuh, Buku Dua, Diterjemahkan oleh Sundaru, Sadu . Surabaya : Erlangga.
Tanaka, D. (2018). ANALISIS KINERJA SUPPLY CHAIN MANAGEMENT BERBASIS BALANCED SCORECARD PADA PT . ALOVE BALI IND Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (Unud), Bali , Indonesia Persaingan dunia bisnis yang semakin ketat , membuat perusahaan harus mencari cara dal. 7(7), 3709–3736.35-43
Dharmayanti,D.(2006). Analisis Dampak Service,Performance dan Kepuasan Kepuasan Sebagai Moderating Variabel Terhadap Loyalitas Nasabah.(Studi Pada Nasabah Tabungan Bank Mandiri Cabang Surabaya).Jurnal Manajemen Pemasaran Universitas Kristen Petra.1 (1)
Tjiptono, F. (1997). Manajemen Jasa. Yogyakarta : Andi.
Vidananda, N. K. P., & Setiawan, P. Y. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja Perusahaan Di Larissa Aesthetic Center Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 10(4), 333. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2021.v10.i04.p02
Wardhani, C. A., Sugianto, A., & Hermana, B. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Logistik, Kepuasan Pelanggan, Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Jasa Logistik Menggunakan Structural Equation Model. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 8(1), 56–68. https://doi.org/10.24912/jitiuntar.v8i1.5761
Widjaya, I. I. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk , Persepsi Harga , Dan Kualitas Layanan Purna Jual Terhadap Kepuasan Pelanggan Di PT . Hargen Nusantara. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 17(1), 1–11.
Yuliana, Junaidi, S. K. (2020). Pengaruh Harga, Kelengkapan Produk dan Kualitas Pelayanan Dalam Peningkatan Transaksi. JIM, 2(2), 53–70.

Published

2021-12-15

How to Cite

Sitio, R., Sianipar, C. V., & Pasaribu, R. S. (2021). Analisis Harga,Produk dan Kualitas Layanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen. ECo-Buss, 4(2), 322–331. https://doi.org/10.32877/eb.v4i2.270

Issue

Section

Articles
DOI: https://doi.org/10.32877/eb.v4i2.270
DOI : https://doi.org/10.32877/eb.v4i2.270
Abstract views: 364 / PDF downloads: 319

Most read articles by the same author(s)