Pemanfaatan E-Commerce Berbasis Web Mobile Pada Pemasaran Produk UMKM Kerajinan Batok Kelapa di Kecamatan Adiluwih
Keywords:
E-Commerce, Web Mobile, Pemasaran UMKM, Kerajinan Batok kelapa
Abstract
UMKM Kerajinan Batok Kelapa di kecamatan Adiluwih kabupaten Pringsewu, memiliki sistem penjualan dan pemasaran yang masih dilakukan secara manual. Hal ini berdampak kepada hasil penjualan yang belum optimal serta menyebabkan usaha ini kurang berkembang. Di sisi lain, potensi UMKM kerajinan batok kelapa sangat baik karena memiliki potensi untuk diminati oleh konsumen dalam negeri maupun luar negeri. Kegiatan penelitian dan pengabdian ini bertujuan untuk membuat rancangan aplikasi e-commerce berbasis web mobile untuk pemasaran batok kelapa dan membuktikan efek pemasaran batok kelapa menggunakan web mobile. Metode penelitian dalam rancangan aplikasi menggunakan sistem waterfall. Aplikasi berbasis web mobile menghasilkan perancangan dalam pemasaran yaitu, tampilan halaman data produk, kategori produk, harga produk, detail produk, dan pesanan produk. Selain itu, pemasaran kerajinan batok kelapa berbasis web mobile ini memberikan efek penggunanaan pada UMKM yaitu, penjualan mengalami peningkatan yang sangat signifikan karena promosi penjualan yang semakin luas, meningkatkan pendapatan penjualan, serta meningkatkan kemampuan dan pengetahuan bagi pekerja dan pemilik kerajinan tentang teknologi informasi