Bantuan Edukasi melalui ‘Sekolah Darurat’ Yayasan Perintis Pendidik Nusa Sebagai Upaya Inovasi Sosial Pedesaan pada Lokasi Terkena Bencana Gempa Cianjur
DOI:
https://doi.org/10.32877/nr.v3i1.1034
Keywords:
Bencana, Inovasi Sosial, Sekolah Darurat, Yayasan Perintis Pendidik Nusa
Abstract
Bencana menyisakan trauma mendalam bagi semua yang mengalaminya. Anak- anak adalah bagian masyarakat yang rentan terhadap efek bencana. Gempa Cianjur November 2022 meluluh-lantakan banyak bangunan termasuk sekolah. Para murid tidak memiliki kegiatan pembelajaran, sehingga anak-anak menghabiskan waktu dengan bermain di tenda pengungsian. Dibutuhkan program pemulihan yang menguatkan mental anak. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah representasi tindakan responsif Yayasan Pendidik Nusa, yaitu bantuan edukasi ‘Sekolah darurat’ yang merupakan salah satu inovasi bagi upaya penyelesaian permasalahan pengembangan sumberdaya pedesaan yang terkena bencana. Tim pengabdian merupakan relawan yang membantu dalam Sekolah Darurat pada lokasi bencana. Program healing yang berdampak mumpuni adalah meningkatkan semangat belajar anak-anak paska gempa agar pulih dari traumanya . Pendirian sekolah darurat oleh Yayasan Perintis Pendidik Nusa dilakukan di 2 kecamatan. Yaitu di desa Suka jaya kecanatan Cugenang Cianjur dan desa Sukawangi kecamatan Warung kondang. Sejumlah 54 siswa di Sukajaya dan 52 siswa di Sukawangi. Kegiatan sekolah darurat selain melibatkan relawan dari luar kota Cianjur juga menggerakan 4 guru lokal untuk ikut mengajar. Pembelajaran dilakukan setiap hari , dilakukan setiap hari karena menguatkan mental para murid.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Arfan Damari, Wiwik Dwi Haryanti, Haifa Salsabila Huda, Muhammad Abdi Ridha, Aditya Musfiyansyah, Satria Abadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.