Pengembangan dan Implementasi Aplikasi Media Pembelajaran berbasis Android Pada SMK Grafika Kecamatan Gading Rejo Kabupaten Pringsewu

Authors

    Andino Maseleno( 1 ) Satria Abadi( 2 ) Marilin Kristina( 3 )

    (1) Institut Bakti Nusantara
    (2) Institut Bakti Nusantara
    (3) Institut Bakti Nusantara

DOI:


https://doi.org/10.32877/nr.v3i2.1533

Keywords:


Android, E-Learning, Media pembelajaran, SDLC

Abstract

Pembuatan aplikasi media pembelajaran berbasis android sangat diperlukan dalam dunia pendidikan, karena tuntutan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang mendorong upaya – upaya dalam pemanfaatan hasil teknologi pendidikan dalam dunia belajar mengajar. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu dalam membuat media pembelajaran pada SMK Grafika Gading Rejo Kabupaten Pringsewu. Melalui aplikasi E-learning  yang dapat memudahkan kegiatan belajar mengajar yang lebih efisien. Kegiatan ini menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle) dengan proses pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dokumentasi pada SMK Grafika Gading Rejo. Hasil kegiatn pengabdian ini menghasilkan suatu media aplikasi pembelajaran E-learning pada SMK Grafika Gading Rejo yang berbasis android. Tahapan pengabdian ini, peneliti banyak melakukan tahapan-tahapan seperti melakukan analisis serta pengorganisasian materi dan melakukan sebuah perancangan desain serta pengimplementasian aplikasi sehingga mendapatkan hasil yang bermanfaat berupa aplikasi media pembelajaran E-learning dalam bentuk aplikasi android. Media pembelajaran ini sangat membantu siswa/i dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK  Grafika Gading Rejo

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-05-10

How to Cite

Maseleno, A., Abadi, S., & Kristina, M. (2024). Pengembangan dan Implementasi Aplikasi Media Pembelajaran berbasis Android Pada SMK Grafika Kecamatan Gading Rejo Kabupaten Pringsewu. NEAR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 179–188. https://doi.org/10.32877/nr.v3i2.1533

Issue

Section

Articles
DOI : https://doi.org/10.32877/nr.v3i2.1533
Abstract views: 79 / PDF downloads: 43