Pemanfaatan Aplikasi E-Commerce Pada Pemasaran Produk UMKM Kerajinan Batok Kelapa di Kabupaten Pringsewu

Authors

    Citrawati Jatiningrum( 1 ) Abshor Marantika( 2 ) Wulandari Wulandari( 3 ) Rafika Purnama Sari( 4 )

    (1) STMIK Pringsewu
    (2) STMIK Pringsewu
    (3) STMIK Pringsewu
    (4) STMIK Pringsewu

Keywords:


Kerajinan, UMKM, Pemasaran, Web Mobile, E-Commerce

Abstract

UMKM adalah usaha perdagangan yang dikelola oleh badan usaha atau perorangan yang merujuk pada usaha ekonomi produktif sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008. Salah satu UMKM di wilayah Kabupaten Pringsewu adalah UMKM Kerajinan Batok Kelapa yang beralamatkan di Kecamatan Adiluwih yang merupakan usaha industri kreatif. Selama ini, proses pemasaran produk ini masih di lakukan secara offline sehingga hasil penjualan belum optimal serta jangkauan promosi yang terbatas karena promosi masih di lakukan dari mulut ke mulut dan penjualan produk masih tradisional. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berkontribusi untuk merancang aplikasi dan pemanfaatan e-commerce melalui pembuatan aplikasi atau web sebagai media promosi dan penjualan bagi produk kerajinan batok kelapa sehingga dapat  meningkatkan penjualan, dan memperluas pangsa pasar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-05-10

How to Cite

Jatiningrum, C., Marantika, A., Wulandari, W., & Sari, R. P. (2022). Pemanfaatan Aplikasi E-Commerce Pada Pemasaran Produk UMKM Kerajinan Batok Kelapa di Kabupaten Pringsewu. NEAR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 145–153. Retrieved from https://jurnal.kdi.or.id/index.php/nr/article/view/471

Issue

Section

Articles
Abstract views: 405 / PDF downloads: 403

Most read articles by the same author(s)