Pengaruh Kepercayaan, Nilai Pelanggan dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Kantor Pos Belakang Padang
DOI:
https://doi.org/10.32877/eb.v7i1.802
Keywords:
Kepercayaan, Nilai Pelanggan, Citra Perusahaan, Kepuasan Pelanggan
Abstract
Penyebaran kuesioner dapat menghasilkan sebuah jawaban hipotesis yang menjadi tujuan penelitian pada masyarakat pengguna kantor POS Belakang sebanyak 100 responden. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan olah data SPSS 25. Adapun kriteria yang digunakan dalam penelitian responden merupakan pengguna jasa kantor POS Belakang Padang yang telah melakukan pembelian lebih dari dua kali dan Responden telah berusia di atas 17 tahun. Sebagai hasil adanya kontribusi kepercayaan, nilai pelanggan dan citra perusahaan memberikan kontribusi sebesar 55,4% dan sisanya 44,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diketahui. Dari hasil uji F dapat dilihat f hitung 39,770 > 3,09 maka telah memenuhi persyaratan bahwa kepercayaan, nilai pelanggan dan citra perusaha memiliki pengaruh simultan dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa adanya perlakuan yang baik antara kepercayaan, nilai pelanggan dan citra perusahaan terhadap kepuasan pelanggan. Maka, dapat mengandung arti adanya implikasi kepercayaan, nilai pelanggan dan citra perusahaan terhadap kepuasan pelanggan yang menjadi peran penting. Maka diharapkan adanya kepuasan pelanggan dalam menggunakan jasa PT POS Belakang Padang.
Downloads
References
Atmaja, K. V. W., Sujana, I. N., & Suwena, K. R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Pos Cabang Singaraja. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10(1), 12. https://doi.org/10.23887/jjpe.v10i1.20039
Fauziah, A., & Tirtayasa, S. (2022). Pengaruh Harga, Kepercayaan, Penggunaan Aplikasi dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Shopee pada Masa Pandemi Covid –19. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 5(2), 1381–1395.
Krisnanto, A., & Yulianthini, N. N. (2021). Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Gojek di Kota Singaraja. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 74–80.
Larika, W., & Ekowati, S. (2020). JURNAL MANAJEMEN MODAL INSANI DAN BISNIS (JMMIB)e-ISSN 2723-424X ||Volume||1||Nomor||1||Juli ||2020|| Website: www. jurnal.imsi.or.id. JURNAL MANAJEMEN MODAL INSANI DAN BISNIS (JMMIB)e-ISSN 2723-424X, 128–136.
Nurhalimah, N., & Nurhayati, A. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, Vol. 6, No. 2 September 2019, 6(2), 1–5.
Prilano, K., Sudarso, A., & Fajrillah. (2020). Pengaruh Harga , Keamanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(1), 1–10.
Putrie, A. R. (2022). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Transaksi Pembelian Online Terhadap Loyalitas Pelanggan E-Commerce Shopee. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 11(8), 1–14.
Rahmadhana, R., & Ekowati, S. (2022). Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Konsumen Shopee Di Kota Bengkulu. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah …, 10(2), 629–636.
Rahmadhani, R. P., Martha, L., & Nagara, P. (2021). Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Bebek Sawah Di Kota Padang. Jurnal Pundi, 05(02), 289–300. https://doi.org/10.31575/jp.v5i2.369
Risnawati, H. (2023). Pengaruh citra merek, kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada PT Strait liner express di Jakarta. JOURNAL OF MATERIALS PROCESSING TECHNOLOGY, 30(1), 109–126.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Syahwi, M., & Pantawis, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Citra Perusahaan, dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasaan Pelanggan Indihome (Studi Kasus pada PT. Telkom Kota Semarang). ECONBANK: Journal of Economics and Banking, 3(2), 150–163. https://doi.org/10.35829/econbank.v3i2.202
Taupik Ismail. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kantor Indihome Gegerkalong Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(1), 1124–1135.
Tjiptjono, F. (2020). pemasaran. Andi offset.
Usvela, E., Qomariah, N., & Wibowo, Y. G. (2019). Pengaruh Brand Image , Kepercayaan , Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Herbalife. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(2), 300–312. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JMBI/article/view/2930/2260
Uzir, M. U. H. (2021). The effects of service quality, perceived value and trust in home delivery service personnel on customer satisfaction: Evidence from a developing country. Journal of Retailing and Consumer Services, 63. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2021.102721
Wau, F. S., Chandrayant, T., & Afrizoni, H. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ESPRESSO CAFE DI KOTA PARIAMAN. Jurnal Matua, 4(8.5.2017), 2003–2005.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 eCo-Buss
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.