Pengaruh Iklan, Kualitas Produk dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Online Di Tiktok

Authors

    Jasmine Jasmine( 1 ) M. Khoiri( 2 )

    (1) Universitas Putera Batam
    (2) Universitas Putera Batam

DOI:


https://doi.org/10.32877/eb.v6i2.621

Keywords:


Iklan, Kualitas Produk, Kepercayaan Konsumen, Keputusan Pembelian

Abstract

Manajemen pemasaran merupakan sebuah proses untuk menentukan tujuan pada analisa pemasaran sebuah organisasi. Saat ini pemasaran dapat dilakukan secara digital, disebabkan banyak usaha yang dijalankan dapat dilakukan secara online atau yang umumnya disebut sebagai bisnis online, yang mana dalam menjalankan bisnis online ini sangat membutuhkan adanya kegiatan pembelian. Hal tersebut dapat memberikan pengaruh bagi konsumen untuk dapat mengambil keputusan terhadap toko online mana yang akan digunakan sebagai salah satu tempat untuk berbelanja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Iklan, Kualitas Produk dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Toko Online di TikTok. Sampel yang diperlukan pada penelitian yang dilakukan sejumlah 100 orang. Pengambilan sampel mempergunakan teknik sampling purposive dengan skala likert. Untuk membantu melengkapi pengumpulan data, peneliti melakukan penyebaran kuesioner yang mencakup pernyataan mengenai variabel yang diteliti dan kemudian dianalisis dengan menggunakan program statistik SPSS versi 26. Metode yang digunakan pada temuan ini yaitu metode penelitian kuantitatif. Hasil yang mampu ditemukan pada suatu penelitian yang dapat membuktikan bahwa pada analisis regresi linear berganda yang menunjukkan adanya pengaruh serta nilai yang positif dari iklan, kualitas produk dan kepercayaan konsumen dengan keputusan pembelian konsumen. Serta nilai signifikansi variabel iklan senilai 0,000 dari uji T yang lebih kecil dari 0,05, nilai signifikansi variabel kualitas produk senilai 0,000 dari uji T yang lebih kecil dari 0,05, dan nilai signifikansi variabel kepercayaan konsumen senilai 0,000 dari uji T yang lebih kecil dari 0,05. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa iklan, kualitas produk dan kepercayaan konsumen berdampak positif serta signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada toko online di TikTok.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adrianto, R. (2021). Kredibilitas Influencer dalam Membentuk Kepercayaan Konsumen terhadap Brand. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(1), 54–60. https://doi.org/10.29313/JRMK.V1I1.117 DOI: https://doi.org/10.29313/jrmk.v1i1.117

Alfitroch, U. A., Farida, E., & Rahman, F. (2022). Pengaruh Iklan, Promo Gratis Ongkos Kirim, dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Belanja Online (Studi Kasus pada Warga RT 8 Kelurahan Karangbesuki Kota Malang). E-JRM?: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 11(14), 71–78.

Almanda, W., & Siagian, M. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Mamakael Berniaga Sejahtera. ECo-Buss, 5(1), 133–145. https://doi.org/10.32877/EB.V5I1.330 DOI: https://doi.org/10.32877/eb.v5i1.330

Amrullah, & Yulihardi. (2020). PENGARUH IKLAN DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU AXIS PADA MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS BUNG HATTA PADANG. Eko Dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 11(2), 118–126.

Azhari, S. A., Warneri, & Okianna. (2021). PENGARUH KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE SHOP PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI DI SHOPEE. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(6), 1–8.

Baharuddin, Said, H. A., Sari, I., Syam, F. O., Anugerah, T., & Fatimah, P. I. (2022). PENGARUH PERSEPSI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE SHOPEE PADA MAHASISWA STIEM BONGAYA. Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro, 5(1), 33–54. https://doi.org/10.56858/JMPKN.V5I1.46

Daga, R. (2017). Citra,Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan (Issue May 2017). GLOBAL RESEARCH AND CONSULTING INSTITUTE.

Erlangga, H., Nurjaya, Sunarsi, D., Mas’adi, M., & Jasmani. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Honda Di PT Panca Sakti Perkasa Di Bintaro. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(4), 464–472. DOI: https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i4.13383

Fitria, I. J., & Qurohman, T. (2021). Pengaruh Iklan terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Smartphone Oppo. Portofolio: Jurnal Ekonomi, Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 18(1), 26–37. https://doi.org/10.54783/PORTOFOLIO.V18I1.207 DOI: https://doi.org/10.54783/portofolio.v18i1.207

Geisfarad, H. (2022). PENGARUH JINGLE IKLAN GULAKU TERHADAP BRAND AWARENESS AUDIENCE IBU-IBU ARISAN KOMPLEK MERUYA – JAKARTA BARAT. KOMUNIKOLOGI?: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(1), 54–61.

Haryoko, U. B., & Febriyanti. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Shop Bebenito Group Tangerang Selatan. Jurnal Disrupsi Bisnis, 3(1), 78–95. https://doi.org/10.32493/drb.v3i1.4291

Indayani, L., Sumartik, Hanum, G. R., Adinda, T. P., & Viranti, A. E. (2022). E Service Quality, Trust and Satisfaction on Consumer Loyalty at Hospital: Procedia of Social Sciences and Humanities, 3, 1161–1165. https://doi.org/10.21070/PSSH.V3I.243

Jayanti, R. D., & Hidayati, N. (2022). Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Switching Cost Sebagai Variable Mediasi. JURNAL EKUIVALENSI, 8(1), 14–28. https://doi.org/10.51158/EKUIVALENSI.V8I1.653 DOI: https://doi.org/10.51158/ekuivalensi.v8i1.653

Kuswanto, & Vikaliana, R. (2020). Pengaruh Harga Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Online. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium, 6(2), 159–172. https://doi.org/10.47329/JURNAL_MBE.V6I2.431 DOI: https://doi.org/10.47329/jurnal_mbe.v6i2.431

Magdalena, M., & Winardi, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Roti CV. Rima Bakery di Kota Padang. JURNAL PUNDI, 4(1), 55–70. https://doi.org/10.31575/jp.v4i1.217 DOI: https://doi.org/10.31575/jp.v4i1.217

Marpaung, F. K., Arnold S, M. W., Sofira, A., & Aloyna, S. (2021). PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN INDOMIE PADA PT. ALAMJAYA WIRASENTOSA KABANJAHE. JURNAL MANAJEMEN, 7(1), 49–64. DOI: https://doi.org/10.21107/jkim.v1i1.10601

Pratama, S. A., & Permatasari, R. I. (2021). PENGARUH PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR DAN KOMPETENSI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN DIVISI EKSPOR PT. DUA KUDA INDONESIA. JURNAL ILMIAH M-PROGRESS, 11(1), 38–47. DOI: https://doi.org/10.35968/m-pu.v11i1.600

Pratiwi, G., & Lubis, T. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN UD ADLI DI DESA SUKAJADI KECAMATAN PERBAUNGAN. Jurnal Bisnis Mahasiswa, 1(2), 121–134. DOI: https://doi.org/10.58939/afosj-las.v1i3.83

Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif (1st ed.). Pascal Books.

Purba, N. M. B., & Khadijah. (2020). ANALISIS TINGKAT PENDIDIKAN, SKALA USAHA, PENDAPATAN USAHA DAN PENGALAMAN USAHA TERHADAP PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI PADA PELAKU UMKM DI KOTA BATAM. JURNAL MUTIARA AKUNTANSI, 5(2), 79–87. DOI: https://doi.org/10.25134/jrka.v5i1.1881

Sabrudin, D., & Suhendra, E. S. (2019). DAMPAK AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI DAN PROFESIONALISME PAEDAGOGIK TERHADAP KINERJA GURU DI SMKN 21 JAKARTA. JURNAL NUSANTARA APLIKASI MANAJEMEN BISNIS, 4(1), 38–52. https://doi.org/10.29407/NUSAMBA.V4I1.12848 DOI: https://doi.org/10.29407/nusamba.v4i1.12848

Sahara, N. I., & Prakoso, F. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Lazada (Studi di Wilayah Jakarta Selatan). Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (KNEMA), 1(1), 1–11.

Sari, R. M., & Prihartono. (2021). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(3), 1171–1184. https://doi.org/10.54783/MEA.V5I3.1573 DOI: https://doi.org/10.56589/keizai.v3i2.292

Siyoto, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup (ed.); 1st ed.). Literasi Media Publishing.

Sugiyanti, A. D., & Ferdian, A. (2020). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT.WIJAYA KARYA BETON TBK, PPB BOYOLALI. Jurnal Daya Saing, 6(2), 198–204. https://doi.org/10.35446/DAYASAING.V6I2.506

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sugiyono, & Sanusi, A. (2012). Metodologi Penelitian Bisnis (D. A. Halim (ed.)).

Suhandi. (2020). PENGARUH IKLAN DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LIPSTIK MEREK WARDAH. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 6(2), 75–79. DOI: https://doi.org/10.35906/jm001.v6i2.605

Sukendro, G., Loisa, R., & Yoedtadi, M. G. (2020). Buku Ajar: Manajemen iklan (L. S. SU & R. Oktavianti (eds.); 1st ed.).

Wahab, A., & Mangkuto, I. J. (2020). Analisis Strategi Iklan di Media Sosial Untuk Meningkatkan Efektifitas Penjualan (Studi Kasus: PT Wieda Sejahtera). Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI), 3(3), 81–90. https://doi.org/10.36782/JEMI.V3I3.2102

Published

2023-12-10

How to Cite

Jasmine, J., & Khoiri, M. (2023). Pengaruh Iklan, Kualitas Produk dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Online Di Tiktok. ECo-Buss, 6(2), 431–446. https://doi.org/10.32877/eb.v6i2.621

Issue

Section

Articles
DOI: https://doi.org/10.32877/eb.v6i2.621
DOI : https://doi.org/10.32877/eb.v6i2.621
Abstract views: 502 / PDF downloads: 514