Pengaruh Kualitas Produk, Gaya Hidup, dan Desain Iklan Online Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Tiktok
DOI:
https://doi.org/10.32877/eb.v7i2.1499
Keywords:
Kualitas Produk, Gaya Hidup, Desain Iklan Online, Keputusan Pembelian
Abstract
Kekuatan pemasaran untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen sangat dipengaruhi oleh cara mereka memandang suatu produk. Ketika orang benar-benar mempertimbangkan untuk membeli produk yang diiklankan, mereka cenderung mengambil keputusan yang terburu-buru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara gaya hidup, desain iklan online, dan kualitas produk dalam kaitannya dengan pilihan pengguna untuk mengunduh aplikasi TikTok. Berdasarkan teknik Jacob Cohen, terpilih 204 responden sebagai sampel penelitian ini. Analisis statistik dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 26. Regresi berganda, uji t dan uji F untuk uji hipotesis, dan uji determinasi merupakan bagian dari analisis data. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa uji T mempunyai nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Variabel kualitas produk (X1) mempunyai nilai thitung > ttabel sebesar 6,589 > 1,971. Variabel gaya hidup (X2) juga mempunyai nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel sebesar 4,866 > 1,971. Variabel desain periklanan (X3) menampilkan nilai thitung > ttabel sebesar 5,702 > 1,971. Gaya Hidup (X2), Desain Iklan (X1), dan Kualitas Produk (X2) mempunyai pengaruh signifikan sebesar 95,8% terhadap variabel Y (R Square = 0,958, analisis korelasi berganda). Rumitnya aspek-aspek yang harus dipertimbangkan oleh pengembang dan pemasar aplikasi ditunjukkan oleh pengaruh variabel-variabel tersebut dalam pengambilan keputusan pengguna saat menginstal aplikasi TikTok. Temuan penelitian ini dapat membantu bisnis di era digital modern mengoptimalkan upaya pemasaran dan pengembangan produk mereka pada platform digital seperti TikTok, di mana pengguna dapat menikmati aplikasi yang lebih menarik dan porsi pasar yang lebih besar.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Emza Rizta Farida, Tiurniari Purba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.