Strategi Peningkatan Penjualan dan Pemasaran Melalui E-Commerce Produk UMKM Keripik ‘OjoLali’ Way Jepara
DOI:
https://doi.org/10.32877/nr.v4i1.1965
Keywords:
Branding, Ekonomi, Pemasaran, Pendampingan, UMKM
Abstract
UMKM di Indonesia menghadapi berbagai permasalahan operasional dan strategis dalam pengembangan bisnisnya. Masih banyaknya UMKM yang memiliki pemahaman yang kurang dan belum memanfaatkan teknologi digital dalam pemasaran produknya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan strategi dalam upaya peningkatan penjualan bagi UMKM Keripik Ojo Lali Way Jepara kabupaten Lampung Timur melalui pemasaran E-Commerce. Peningkatan jangkauan pasar dan penguatan daya beli produk UMKM melalui penerapan e-commerce atau toko online bagi mitra dapat meningkatkan kemandirian ekonomi. Selain itu kegiatan ini meningkatkan penggunaan teknologi informasi dan internet dalam kegiatan pemasaran produk. Metode yang dilakukan dilakukan dalam beberapa tahapan, yaitu dilakukan dimulai dari observasi awal, persiapan, pelaksanaan, pelatihan pendampingan hingga evaluasi kegiatan. Hasil kegiatan pengabdian ini yaitu kegiatan pelatihan dan pendampingan penerapan E-Commerce bagi UMKM produk keripik Ojo Lali memberikan manfaat yang signifikan bagi peningkatan penjualan dan pemasaran produk bagi masyarakat lokal maupun antar kota. Kegiatan ini juga memberikan keterampilan bagi mitra untuk dapat melakukan pemasaran digital sebagai upaya meningkatkan daya saing produk dan keberlangsungan usaha di masa yang akan datang.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Citrawati Jatiningrum, Satria Abadi, Syahrizal Siregar, Febriansyah Febriansyah, Febby Angelia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.