Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Dan Pemasaran Bagi UMKM Kemiri Kelurahan Sumber Agung Bandar Lampung

Authors

    Indah Lia Puspita( 1 ) Hardini Ariningrum( 2 ) Eka Sariningsih( 3 ) Apip Alansori( 4 ) Tina Setia Wati Dewi( 5 )

    (1) Universitas Malahayati
    (2) Universitas Malahayati
    (3) Universitas Malahayati
    (4) Universitas Malahayati
    (5) Universitas Malahayati

DOI:


https://doi.org/10.32877/nr.v3i1.1020

Keywords:


Pemasaran, UMKM, Media Sosial, Pemberdayaan Masyarakat

Abstract

UMKM merupakan salah satu pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UMKM,  jumlah UMKM saat ini sudah mencapai 64 juta yang masih dihadapkan pada berbagai tantangan seperti akses pembiayaan, akses pasar hingga teknologi informasi yang memadai. UMKM menjadi salah satu prioritas nasional mengingat besarnya potensi dan kehebatannya dalam menghadapi krisis ekonomi, membantu penyerapan tenaga kerja, dan sebagai motor pertumbuhan ekonomi nasional. Kegiatan Pengabdian masyarakt ini bertujuan untuk meningkatkan pemasaran melalui media sosial melalui pemberdayaan salah satu UMKM Kemiri di wilayah Desa Sumber Agung Bandar Lampung. UMKM Kemiri yang masih menggunakan sistem konvensional dalam proses produksi, promosi dan pemasaran produknya sehingga hasil penjualan dirasa belum optimal serta terbatasnya jangkauan  promosi produk mereka karena promosi masih dilakukan dengan cara mouth to mouth. Kegiatan ini berkontribusi untuk membuka wawasan dan pengetahuan pentingnya memanfaatkan media sosial didalam mempromosikan dan memasarkan suatu produk sehingga pelaku UMKM Kemiri dapat meningkatkan penjualan, menghemat biaya, dan memperluas pangsa pasarnya

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-11-10

How to Cite

Puspita, I. L., Ariningrum, H., Sariningsih, E., Alansori, A., & Dewi, T. S. W. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Dan Pemasaran Bagi UMKM Kemiri Kelurahan Sumber Agung Bandar Lampung. NEAR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 59–65. https://doi.org/10.32877/nr.v3i1.1020

Issue

Section

Articles
DOI : https://doi.org/10.32877/nr.v3i1.1020
Abstract views: 258 / PDF downloads: 278

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.