Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Dan Pemasaran Bagi UMKM Kemiri Kelurahan Sumber Agung Bandar Lampung
DOI:
https://doi.org/10.32877/nr.v3i1.1020
Keywords:
Pemasaran, UMKM, Media Sosial, Pemberdayaan Masyarakat
Abstract
UMKM merupakan salah satu pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UMKM, jumlah UMKM saat ini sudah mencapai 64 juta yang masih dihadapkan pada berbagai tantangan seperti akses pembiayaan, akses pasar hingga teknologi informasi yang memadai. UMKM menjadi salah satu prioritas nasional mengingat besarnya potensi dan kehebatannya dalam menghadapi krisis ekonomi, membantu penyerapan tenaga kerja, dan sebagai motor pertumbuhan ekonomi nasional. Kegiatan Pengabdian masyarakt ini bertujuan untuk meningkatkan pemasaran melalui media sosial melalui pemberdayaan salah satu UMKM Kemiri di wilayah Desa Sumber Agung Bandar Lampung. UMKM Kemiri yang masih menggunakan sistem konvensional dalam proses produksi, promosi dan pemasaran produknya sehingga hasil penjualan dirasa belum optimal serta terbatasnya jangkauan promosi produk mereka karena promosi masih dilakukan dengan cara mouth to mouth. Kegiatan ini berkontribusi untuk membuka wawasan dan pengetahuan pentingnya memanfaatkan media sosial didalam mempromosikan dan memasarkan suatu produk sehingga pelaku UMKM Kemiri dapat meningkatkan penjualan, menghemat biaya, dan memperluas pangsa pasarnya
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.