Pemberdayaan Digital Marketing Pada UMKM Roti di Desa Margodadi
Keywords:
UMKM, Media sosial, desa Margodadi
Abstract
Suatu negara yang memliki potensi usaha sangat berpengaruh sebagai penggerak maupun penopang bagi perekonomian suatu negara yang salah satunya yaitu usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah jenis kegiatan yang dijalankan dengan sekala kecil bukan dari perusahaan maupun yang memiliki pemasukan kurang dari 300. UMKM ini sangat penting bagi negara yang bersangkutan dan lebih dimanfaatkan oleh pemerintah untuk mengatasi permasalahan yang terjadi seperti mengurangi tingkat pengangguran yang ada. Dalam suatu usaha peranan teknologi dalam hal ini menjadi solusi yang sangat di butuhkan dalam hal pemasaran maupun mencari informasi sebagai inovasi bagi pengusaha home industry tersebut. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang meningkat saat ini didesa Margodadi Kabupaten Pringsewu Lampung adalah usaha makanan seperti usaha roti (home industry) milik bapak Dedi Sumantri pengusaha home industry yang memanfaatkan peranan teknologi seperti media sosial diantaranya yaitu media sosial facebook, whatsapp, instgram maupun media social lainya dapat menghubungkan banyak orang dengan sangat mudah sehingga media social menjadi alat yang sangat trend dalam melakukan penjualan pemasaran yang bertujuan untuk mencapai apa yang diinginkan yang menjadi konsep pemasaran mulai dari pemenuhan produk, penerapan harga, pengiriman barang dan mempromosikan suatu barang yang dijual atau dipasarkan. Tujuan dan manfaat yaitu menciptakan kemandirian serta dapat meningkatkan pendapatan usaha bagi pengusaha roti serta perekonomian keluarga,mengurangi penggguran dan membantu masyarakat.