Pengaruh Promosi, Kemudahan Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Lazada (Studi Kasus Di Tiban Indah)

Authors

    Sandra Tria Karinina( 1 ) Triana Ananda Rustam( 2 )

    (1) 
    (2) Universitas Putera Batam

DOI:


https://doi.org/10.32877/eb.v5i3.618

Keywords:


Kemudahan, Kepercayaan, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian dilakukan bertujuan menguji dari hipotesis pengaruh promosi, kemudahan dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian. Penelitian yang dilakukan pada masyarakat yang berjumlah 204 responden yang diteliti di daerah Tiban Indah, Sekupang, Batam. Penelitian ini menggunakan rumus Jacob Cohen karena populasi yang tidak terhingga dan pengambilan teknik sampling purposive sampling dengan ciri khas khusus pada responden yang diambil. Penelitian dengan regresi linier berganda dibantu dengan pengolahan data SPSS 25. Pada hasil terlihat uji t 3,678 > t tabel 1,972 pada variabel promosi, pada X2 ditemukan uji t 3,516 > 1,972 dan X3 ditemukan uji t 2,754 > 1,972 yang berarti secara keseluruhan telah diterima and signifikan dan uji simultan terdapat pengaruh dan signifikan. Hasil koefisien determinasi didapat 41,4% dan sisanya 58,6% yang dipengaruhi oleh faktor lainnya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiansyah, I., Fitriyani, E. &, & Ahmad, F. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pramugraha Di Harris Hotel & Conventions Kelapa Gading. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2453–2462.

Atijah, & Bahri, S. (2021). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja Dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Sosial Kabupaten Labuhanbatu Utara. Jurnal Humaniora, 5(1), 29–38.

Darmawan, D., & Putra, A. R. (2022). Pengalaman Pengguna, Keamanan Transaksi, Kemudahan Penggunaan, Kenyamanan, Dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Pembelian Online Secara Impulsif. Relasi?: Jurnal Ekonomi, 18(1), 26–45. https://doi.org/10.31967/relasi.v18i1.523 DOI: https://doi.org/10.31967/relasi.v18i1.523

Ernawati, N., & Noersanti, L. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan Pada Aplikasi OVO. Jurnal Ecodemica, 4, 200–210. DOI: https://doi.org/10.31294/jeco.v4i2.7934

Febrian, D., Sutardjo, A., & Yulistia. (2022). Analisis Harga, Promosi, Fasilitas Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pemilihan Belanja Online (Studi Kasus Di Lazada Express Padang). Jurnal Matua, 4(1), 169–184.

Hendra, A. M. A. (2019a). Analisis Pengaruh Kepercayan, Kemudahan, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Secara ONLINE di Lazada.co.id (Studi Kasus Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Pelita Indonesia). Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 4(2), ISSN 2527-8223. DOI: https://doi.org/10.54964/manajemen.v4i2.139

Hendra, A. M. A. (2019b). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Lazada.co.id. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 1(1), 78–96.

Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 31–42. https://doi.org/10.37403/mjm.v6i1.143 DOI: https://doi.org/10.37403/mjm.v6i1.143

Napitupulu, M. H., & Supriyono, S. (2022). Pengaruh Keamanan dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Lazada di Surabaya. Al-Kharaj?: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(2), 789–800. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i2.1335 DOI: https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i2.1335

Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembalian Pada E-Commerce Shopee (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43–53. https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i1.1528 DOI: https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i1.1528

Putri, F. A., & Iriani, S. S. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Pinjaman Online Shopee PayLater. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(3), 818. https://doi.org/10.26740/jim.v8n3.p818-828 DOI: https://doi.org/10.26740/jim.v8n3.p818-828

Selly, & Rustam, T. A. (2022). PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP SECARA ONLINE OLEH MAHASISWA DI KOTA BATAM. SCIENTIA JOURNAL?: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 5(1).

Siswati, Y., & Evyanto, W. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen di PT. Rexvin Putra Mandiri. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(4), 9.

Sulaeman, F., & Krisnawati, D. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt Adhi Karya, Tbk. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 8(3), 65–78. https://doi.org/10.35137/jmbk.v8i3.476 DOI: https://doi.org/10.35137/jmbk.v8i3.476

Syahidah, R. A. (2021). Pengaruh Viral Marketing dan Digital Marketing terhadap Kepercayaan Konsumen dan Keputusan Pembelian Pada Produk Skincare Lokal di Masa Pandemi Covid 19. Humanis, 1(2), 827–837.

Triyadi , Abdul Khoir, J. (2022). Pengaruh Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada Apartemen Paragon Village di Karawaci. Jurnal Ekonomi Efektif, 4(3), 366–375. DOI: https://doi.org/10.32493/JEE.v3i4.11289

Yoeliastuti, Y., Darlin, E., & Sugiyanto, E. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Penjualan Online Shopee. Jurnal Lentera Bisnis, 10(2), 212. https://doi.org/10.34127/jrlab.v10i2.425 DOI: https://doi.org/10.34127/jrlab.v10i2.425

Published

2023-04-10

How to Cite

Karinina, S. T. ., & Rustam, T. A. (2023). Pengaruh Promosi, Kemudahan Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Lazada (Studi Kasus Di Tiban Indah). ECo-Buss, 5(3), 831–843. https://doi.org/10.32877/eb.v5i3.618

Issue

Section

Articles
DOI: https://doi.org/10.32877/eb.v5i3.618
DOI : https://doi.org/10.32877/eb.v5i3.618
Abstract views: 497 / PDF downloads: 511