Pengaruh Respon Konsumen, Daya Tarik dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Alfamart Buana Impian Batam
DOI:
https://doi.org/10.32877/eb.v7i1.1484
Keywords:
Respon Konsumen, Daya Tarik, Citra Merek, Keputusan Pembelian
Abstract
Mengetahui bagaimana reaksi pelanggan, persepsi merek, dan daya tarik mempengaruhi keputusan pembelian di Alfamart Buana Impian Batam menjadi tujuan penelitian ini. Teknik kuantitatif eksploratif dari penelitian sebelumnya digunakan dalam penelitian ini. Pelanggan Alfamart Buana Impian 2 Kelurahan Tembesi Kecamatan Sagulung Kota Batam menjadi populasi penelitian dengan jumlah sampel sebanyak 204 orang. analisis. Karena besarnya populasi tidak dapat dipastikan, pengambilan sampel bergantung pada gagasan Jacob Cohen. Pertanyaan langsung terhadap responden digunakan dalam pengumpulan data. Program SPSS v.26 akan digunakan untuk membantu dalam pengolahan data yang diperoleh. Keputusan pembelian Alfamart Buana Impian Batam dipengaruhi secara signifikan oleh daya tanggap pelanggan, daya tarik, dan citra merek, hal ini dibuktikan dengan kesimpulan penelitian dan hasil uji f sebesar 110,014. Nilai thitung variabel respon pelanggan sebesar 2,823 > 1,971 dengan nilai sig berdasarkan temuan uji t. 0,002 < 0,05, menandakan diterimanya hipotesis H1. Dengan ambang batas signifikansi 0,000 < 0,05, maka nilai t hitung untuk variabel citra merek adalah 6,603 < 1,971, sehingga hipotesis H2 diterima. Nilai t hitung variabel daya tarik sebesar 3,396 > 1,971 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 menunjukkan diterimanya hipotesis H3. Adapun hasil uji koefisien determinasi sebesar 0,718, didapatkan daya tarik dan citra merek mempunyai pengaruh sebesar 71,8% terhadap keputusan pembelian konsumen Alfamart Buana Impian Batam.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Triana Ananda Rustam, Sri Widya Ningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.