Faktor Harga Serta Kepercayan Konsumen Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Tokopedia di Kota Bekasi

Authors

    Oberlian( 1 )

    (1) Universitas Mpu Tantular

DOI:


https://doi.org/10.32877/eb.v6i2.1029

Abstract

Maksud dilakukannya kegiatan ini untuk mencari dampak harga dan kepercayaan konsumen pada fluktuasi niat masyarakat membeli pada Startup Tokopedia di Kecamatan Bantargebang Kota Bekasi. Menariknya penelitian ini karena ditengah maraknya pembelanjaan online di Indonesia dimana salah satunya dilayani oleh Tokopedia yang merupakan startup dengan jumlah pengunjung nomor dua sampe kuartal kedua tahun 2023. Diantara banyaknya Startup yang muncul, untuk masyarakat Kecamatan Bantargebang faktor apa saja yang lebih mengarahkan konsumen untuk memutuskan menggunakan Startup yang ada. Setiap Bisnis Startup berusahan memberikan kemudahan dan kenyamanan pada pengunjung dengan memberikan potongan harga atau pengiriman barang yang cepat. Penelitian ini dilakukan bulan Maret sampai Agustus 2023 dengan jumlah populasi tidak diketahui. Untuk menetapkan jumlah sampel disebabkan  jumlah populasi tidak bisa diperkirakan, maka digunakan rumus Lemeshow dengan koefisien alpha 7% diperoleh sampel 196 responden. Metode analisa menggunakan regresi linier berganda diolah dengan aplikasi SPSS. Sebelum diregres, dipastikan data dan  pemodelan yang digunakan sudah tepat agar dalam proses analisa berikutnya tidak mengalami kendala. Untuk memperoleh hal ini dapat dilakukan dengan pengujian kualitas data dan asumsi klasik. Hasil dari  penelitian ini menunjukkan secara parsial terdapat pengaruh  harga sebesar 63,7% dan kepercayaan konsumen sebesar 56,6% terhadap keputusan pembelian konsumen melalui  Startup Tokopedia di Bantargebang kota Bekasi. Semua variable bebas dengan sekaligus  menjadi predictor terhadap keputusan pembelian melalui startup Tokopedia di Kecamatan Bantargebang Kota Bekasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-12-10

How to Cite

Oberlian. (2023). Faktor Harga Serta Kepercayan Konsumen Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Tokopedia di Kota Bekasi. ECo-Buss, 6(2), 772–786. https://doi.org/10.32877/eb.v6i2.1029

Issue

Section

Articles
DOI: https://doi.org/10.32877/eb.v6i2.1029
DOI : https://doi.org/10.32877/eb.v6i2.1029
Abstract views: 72 / PDF downloads: 83