Sosialisasi Pengenalan dan Pemanfaatan E-Commerce sebagai Media Penjualan Online bagi UMKM di Pekon Adiluwih
DOI:
https://doi.org/10.32877/nr.v2i1.575Keywords:
E-commerce, Media Penjualan Online, UMKMAbstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang internet berkembang sangat pesat. Bagi sebagian masyarakat, internet merupakan sesuatu kebutuhan yang sangat penting. Selain itu, manfaat dari perkembangan teknologi yang sangat pesat dapat digunakan dalam meningkatkan ekonomi masyarakat, contohnya: jual-beli secara online. E-commerce merupakan bisnis jual beli yang dilakukan secara online melalui jaringan internet. Melihat potensi jumlah pelaku UMKM yang ada di Pekon Adiluwih maka tim pengabdian kepada masyarakat melaksanakan kegiatan dalam bentuk edukasi terhadap istilah E-commerce dan juga memperkenalkan berbagai jenis marketplace yang tersedia dalam dunia ecommerce serta melakukan pendampingan secara langsung dalam memanfaatkan marketplace tersebut bagi pelaku UMKM di Pekon Adiluwih, Kecamatan Adiluwih, Kabupaten Pringsewu Lampung. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pelatihan dan pendampingan terstruktur. Hasil dari kegiatan ini masyarakat khusunya para pelaku UMKM mendapatkan banyak informasi dan edukasi tentang E-commerce dan lebih mengenal berbagai jenis marketplace, kemudahan serta manfaat yang akan diperoleh dalam berjualan secara online melalui marketplace yang tersedia. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi pelaku UMKM untuk memasarkan produknya secara lebih luas memanfaatkan marketplace yang ada serta melakukan inovasi dan modifikasi terhadap produknya agar usahanya lebih maju dan berkembang.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 NEAR: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
I hereby assign and transfer to NEAR all exclusive copyright ownership rights to the above work. This includes, but is not limited to, the right to publish, republish, downgrade, distribute, transmit, sell, or use the work and other related materials worldwide, in whole, or in part, in all languages, in electronic, printed, or any other form of media, now known or hereafter developed and reserves the right to permit or license a third party to do any of the above. I understand that this exclusive right will belong to NEAR from the date the article is accepted for publication. I also understand that NEAR , as the copyright owner, has sole authority to license and permit reproduction of the article. I understand that, except for copyright, any other proprietary rights associated with the work (e.g. patents or other rights to any process or procedure) must be retained by the author. In addition, I understand that NEAR permits authors to use their papers in any way permitted by the applied Creative Commons license.

