Pelatihan Pengelolaan Keuangan Berbasis Teknologi Informasi Bagi UMKM di Desa Margodadi

Authors

    Bernadhita H. S. Utami( 1 ) Miswan Gumanti( 2 ) Novi A. K. Dewi( 3 ) Adi P. Nanda( 4 ) Sariyah Astuti( 5 ) Yoeyong Rahsel( 6 ) Yoga A. Pratama( 7 )

    (1) STMIK Pringsewu
    (2) STMIK Pringsewu
    (3) STMIK Pringsewu
    (4) STMIK Pringsewu
    (5) STMIK Pringsewu
    (6) STMIK Pringsewu
    (7) STMIK Pringsewu

DOI:


https://doi.org/10.32877/nr.v1i2.431

Keywords:


Aplikasi Praktis, Desa Margodadi, Pengelolaan Keuangan, Teknologi Informasi, UMKM

Abstract

Kecepatan dan ketepatan adaptasi para pelaku usaha mikro kecil menengah untuk bersaing, salah satunya ditentukan oleh ditentukan oleh kemampuan pemanfaatan teknologi dalam proses produksi, distribusi, pemasaran, maupun pengelolaan keuangan. Margodadi merupakan salah satu desa di Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Pringsewu, Lampung memiliki kurang lebih seratus UMKM yang tercatat di Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pringsewu. Menyadari pentingnya pengelolaan keuangan parktis menggunakan aplikasi berbasis android, maka tim pengabdian STMIK Pringsewu mengadakan pelatihan untuk membantu warga khususnya pelaku usaha mikro kecil menengah untuk mengenal, mengetahui, dan menggunakan manfaat penggunaan pengelolaan keuangan berbasis teknologi informasi dalam sistem pembukuan debit kredit. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan aplikasi pembukuan cash flow bagi para pelaku usaha di Desa Margodadi. Pelatihan ini berfokus pada keuangan, sehingga pelaku usaha akan diberikan penjelasan mengenai cara mengelola pendapatan, menggunakan media ataupun aplikasi gratis yang mendukung. Metode yang digunakan dalam aktivitas pengabdian ini meliputi ceramah, demo, dan diskusi untuk memantapkan pengetahuan peserta UMKM. Melalui kuisioner yang diberikan kepada peserta, dari 92% peserta yang telah memiliki usaha, 76% di antaranya tertarik menggunakan aplikasi pengelolaan keuangan “Bukukas”.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-05-10

How to Cite

Utami, B. H. S., Gumanti, M., Dewi, N. A. K., Nanda, A. P., Astuti, S., Rahsel, Y., & Pratama, Y. A. (2022). Pelatihan Pengelolaan Keuangan Berbasis Teknologi Informasi Bagi UMKM di Desa Margodadi. NEAR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 93–99. https://doi.org/10.32877/nr.v1i2.431

Issue

Section

Articles
DOI : https://doi.org/10.32877/nr.v1i2.431
Abstract views: 308 / PDF downloads: 226

Most read articles by the same author(s)