Analisis Pengaruh Promosi, Life Style, dan Kualitas Produk Terhadap Impulse Buying Shopee di Kota Batam
DOI:
https://doi.org/10.32877/eb.v5i2.610
Keywords:
Promosi, Life Style, Kualitas Produk, Impulse Buying
Abstract
Dengan hadirnya e-commerce kemampuan untuk menjual dan membeli kebutuhan sehari-hari konsumen secara langsung telah disediakan dan dipermudah oleh Internet. Promosi sangat penting bagi bisnis dalam mengkomunikasikan barang kepada pelanggan, perusahaan akan menggunakan promosi untuk menunjukkan kualitas produk dan mendorong pelanggan untuk membeli. Pembelian impulsif sering terjadi hanya karena untuk memenuhi keinginan seseorang dalam bergaya hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh antara variabel promosi, life style, dan kualitas produk terhadap impulse buying shopee di Kota Batam. Jenis penelitian yang diterapkan penulis ialah penelitian kuantitatif dengan menggunakan sifat replikasi. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan bantuan google form. Jumlah populasi yaitu 400 responden yang pernah melakukan pembelian di aplikasi shopee. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah Nonprobability Sampling dengan Purposive Sampling. Pengujian data menggunakan alat olah data SPSS 25. Temuan pada penelitian ini secara parsial promosi tidak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Impulse Buying dimana nilai t hitung -0,522 < t tabel 1,966 dan nilai sig 0,602 > 0,05, dan life style memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Impulse Buying dimana nilai t hitung 12,887 > t tabel 1,966 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 serta kualitas produk memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Impulse Buying dimana nilai t hitung 5,992 > t tabel 1,966 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dan secara simultan promosi, life style, dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying shopee di Kota Batam dimana nilai f hitung 199,129 > nilai f tabel 2,63 dan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05.
Downloads
References
Agustina, E. D. (2020). Pengaruh Life Style, Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian iPhone Di Ngawi. JURNAL EKOMAKS?: Jurnal Ilmu Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 9(1), 18–21. https://doi.org/10.33319/jeko.v9i1.49
Aini, A. (2022). Promosi: Pengertian, Manfaat, Fungsi, Tujuan, dan Strateginya. Glints.
Alinda Mahdiyan. (2019). Pengaruh Lifestyle Dan in Store Promotion Terhadap Impulse Buying (Studi Pada Konsumen Matahari Departement Store Java Mall Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8, 1–11.
Anas, K., & Muhajirin. (2020). Pengaruh Gaya Hidup (Life Style) dan Harga Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kantin Yuank Kota Bima. Journal of Business and Economics …, 1(2), 131–138.
Angela, V., & Paramita, E. L. (2020). Pengaruh Lifestyle Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Impulse Buying Konsumen Shopee Generasi Z. Jurnal Ekobis?: Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(2), 248–262. https://doi.org/10.37932/j.e.v10i2.132
Ardyan, E., & Gunawan, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mark.on.Id. Performa, 6(2), 104–113. https://doi.org/10.37715/jp.v6i2.2029
Chan, G. F., Akhmad, I., & Hinggo, H. T. (2022). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Impulse Buying Pada Pengguna E-Commerce Shopee Di Pekanbaru. … , Accounting and Business Journal, 2(1), 151–159.
Daulay, R., Handayani, S., & Ningsih, I. P. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Store Atmosphere dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Konsumen Department Store di Kota Medan. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (KNEMA), 1, 1–14.
Dengan, F., Name, B., & Variabel, S. (2022). 1 , 2 , 3. 8721, 2219–2228.
Febriani, R., & Susanti, F. (2019). PENGARUH LIFE STYLE, BRAND IMAGE DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PERSONAL CARE DI PT EASTON KALERIS INDONESIA CABANG PADANG (Studi pada mahasiswa STIE “KBP’ Padang). 1–13.
Fenti Hikmawati M.Si., D. (2018). METODOLOGI PENELITIAN. PT Raja Grafindo Persada, Depok.
Hutabarat, Y. P. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image dan Life Style terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Wanita pada Brand Valino Donna di Parkson Medan. Jurnal Manajemen Dan Akuntasi Meda, 20(20), 17.
Marbun, strahel I. kristin, & Saputra, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Maxim Di Kota Batam. Google Schoolar, 5(1), 1–10.
Maulana, R. I. (2018). Promosi dan Store Atmosphere Terhadap Shopping Emotion dan Impulse Buying. Universitas Pamulang, 2(2), 213–225.
Mongisidi, S. J., Sepang, J., Djurwati Soepeno, Ekonomi, F., & Manajemen, J. (2019). Pengaruh Lifestyle Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike ( Studi Kasus Manado Town Square ). Emba, 7(3), 2949–2958.
Novianti, L., & Sulivyo, L. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Smartphone Made in China Di Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang. Jurnal Cafetaria, 2(2), 15–27. https://doi.org/10.51742/akuntansi.v2i2.354
Purwati, A. A., Yusrizal, Y., & Ramadhani, I. C. (2019). Pengaruh Life Style, Kualitas Produk dan Store Image terhadap Keputusan Pembelian. Journal of Management and Bussines (JOMB), 1(1), 22–36. https://doi.org/10.31539/jomb.v1i1.652
Rahmadani, W. (2021). Pengaruh Diskon Dan Kualitas Produk Terhadap Impulse Buying Pada Online Shop Tokopedia ( Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara ). 3(2), 567–599.
Redwi Azizah, T. (2021). PENGARUH POTONGAN HARGA DAN PROMOSI TERHADAP IMPULSE BUYING PADA APLIKASI SHOPEE DENGAN SHOPPING EMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PENGGUNA SHOPEE DI KABUPATEN BEKASI). 6.
Rustam, T. A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Spare part pada Bengkel Aneka Motor Kabupatan Padang Pariaman. Owner, 3(2), 320. https://doi.org/10.33395/owner.v3i2.159
Suyetno. (2019). Jurnal Ekobis Dewantara Vol. 2 No. 3 Desember 2019. Jurnal Simplex, 2(3), 49–62.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 eCo-Buss
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.