Pengaruh Etnosentrisme Konsumen dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah di Guardian MTC Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.32877/eb.v7i3.1449
Keywords:
Etnosentrisme Konsumen, Persepsi Kualitas, Keputusan Pembelian, Kosmetik, Produk Lokal
Abstract
Industri kecantikan khususnya kosmetik mengalami pertumbuhan yang sangat cepat dengan produk yang terus mengalami perubahan mengikuti trend dan standar kecantikan yang berkembang saat ini. Melihat perkembangan tersebut membuat perusahaan dalam negeri turut berlomba-lomba mengeluarkan produk kosmetik. Wardah merupakan satu diantara merek kosmetik lokal dan pelopor produk kosmetik halal yang masih berkembang hingga saat ini. Mengetahui pengaruh etnosentrisme konsumen serta persepsi kualitas pada keputusan pembelian produk kosmetik Wardah di Guardian MTC Pekanbaru menjadi tujuan pada studi ini. Teknik studi yang dipakai pada studi ini ialah penelitian deskriptif dengan teknik kuantitatif. Seluruh konsumen kosmetik Wardah yang telah membeli di Guardian MTC Pekanbaru merupakan populasi pada studi ini. Terdapat 100 informan pada studi ini yang di dapat melalui perhitungan menggunakan rumus slovin. Proses penetapan sampel dengan memakai teknik non-probability sampling melalui metode accidental sampling. Skala Likert dipakai sebagai alat pengukuran data yang dihimpun dengan kuisioner yang disebarkan melalui g-form. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi dengan sudah melewati pengujian validitas serta reliabilitas dan asumsi klasik. Perolehan studi menampilkan bahwasanya etnosentrisme konsumen serta persepsi kualitas berpengaruh pada keputusan pembelian produk kosmetik Wardah di Guardian MTC Pekanbaru. Etnosentrisme konsumen dan persepsi kualitas berpengaruh signifikansi dengan individual ataupun bersamaan pada keputusan pembelian produk kosmetik Wardah di Guardian MTC Pekanbaru
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sufilla Lailatul Qadri, Lie Othman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.