Pengaruh Atribut Iklan (Tagline, Jingle dan Colour) di Televisi Terhadap Brand Awareness Marketplace Blibli (Survei Pada Mahasiswa Universitas Riau)
DOI:
https://doi.org/10.32877/eb.v7i1.1304
Keywords:
Tagline, Jingle, Colour, Atribut Iklan, Brand Awareness
Abstract
Persaingan dalam bisnis saat ini tidak hanya sebatas persaingan produk dan harga melainkan persaingan persepsi dan ingatan. Kesadaran merek atau brand awareness merupakan kecakapan dari calon konsumen untuk mengidentifikasi atau menyadari sebuah merek dalam kategori produk tertentu. Penelitian ini memiliki maksud untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara atribut ikan yang mencakup tagline, jingle dan colour terhadap kesadaran merek marketplace Blibli. Tagline, jingle dan colour menjadi variabel independent sedangkan brand awareness menjadi variabel dependent. Survei dalam penelitian ini dilakukan pada 400 mahasiswa Universitas Riau sebagai responden. Penelitian ini masuk dalam jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan prosedur pengumpulan data berupa kuesioner atau angket dan disebarkan dengan memanfaatkan teknik purposive sampling. Data yang didapatkan dari hasil penyebaran kuesioner diolah dengan program analisis SPSS 24. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel tagline memiliki dampak terhadap kesadaran merek, dengan thitung sebesar 6,161, melebihi ttabel 1,966, dan signifikansi 0,000 yang lebih rendah dari 0,05. Variabel jingle juga terbukti berpengaruh terhadap kesadaran merek, dengan nilai thitung sebesar 5,869, melebihi ttabel 1,966, dan nilai signifikansi 0,000 yang lebih rendah dari 0,05. Variabel warna juga memiliki dampak terhadap kesadaran merek, dengan nilai thitung sebesar 8,611, yang melebihi ttabel yang 1,966, dan signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Atribut iklan seperti tagline, jingle, dan warna secara bersama sama juga berdampak pada kesadaran merek, dengan Fhitung 96,914, yang melebihi Ftabel 2,63, dan signifikansi 0,000 yang lebih rendah dari 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa tagline, jingle dan colour memiliki dampak yang bernilai positif dan signifikan terhadap kesadaran merek baik secara pasial (individu) maupun simultan (bersama-sama).
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sri Widiyanti, Lie Othman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.