Pemeringkatan Faktor-Faktor Keberhasilan Penerapan Teknologi Informasi Pada Tahap Operasional Dengan Analytical Hierarchy Process

Authors

    Widjaya Djohan( 1 ) Suryadi Winata( 2 ) Agus Kusnawan( 3 )

    (1) Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
    (2) Universitas Buddhi Dharma
    (3) Universitas Buddhi Dharma

DOI:


https://doi.org/10.32877/eb.v1i1.12

Keywords:


Teknologi Informasi, Faktor-faktor Penentu Tahap Operasional, AHP

Abstract

Faktor keberhailan dalam penerapan teknologi informasi dari perspektif praktis terdiri atas penerapan tahap implementasi dan tahap operasional. Pada tahap operasional terdapat faktor-faktor antara lain; prosedur pelaksanaan dan dokumentasi system, pelatihan, pengendalian input, pengamanan data, prosedur pemulihan data dan program serta dukungan manajemen. Riset perlu dilanjutkan lagi dengan pemeringkatan tingkat kepentingan faktor-faktor yang dimaksud dalam rangka mempercepat implementasi dalam suatu perusahaan.

Metode yang digunakan untuk menentukan faktor terpenting dari ke enam faktor adalah metode proses analisis peringkat (hierarchy analytical process). Proses analisis peringkat atau AHP merupakan metode penentuan peringkat yang sering digunakan dalam pengambilan keputusan manajemen (management decision making).

Penelitian ini mengidentifikasi faktor terpenting dalam rangka mempercepat penerapan teknologi informasi dalam perspektif praktis. Sehingga harus dilakukan studi untuk mendapatkan faktor mana yang terpenting dari ke enam factor penentu keberhasilan tersebut. Berdasarkan analisis peringkat dihasilkan bahwa yang terpenting adalah faktor adanya dukungan manajemen. Artinya adanya dukungan manajemen dari tingkat yang terendah lower level atau middle level sampai dengan top level management adalah syarat mutlak berhasilnya penerapan teknologi informasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-10-19

How to Cite

Djohan, W., Winata, S., & Kusnawan, A. (2018). Pemeringkatan Faktor-Faktor Keberhasilan Penerapan Teknologi Informasi Pada Tahap Operasional Dengan Analytical Hierarchy Process. ECo-Buss, 1(1), 6–16. https://doi.org/10.32877/eb.v1i1.12
DOI: https://doi.org/10.32877/eb.v1i1.12
DOI : https://doi.org/10.32877/eb.v1i1.12
Abstract views: 1146 / PDF downloads: 778