Analisa Penggunaan Metode Pembelajaran E-Learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa

  • Diana Silaswara Universitas Buddhi Dharma
  • Indra Gunawan Universitas Buddhi Dharma
  • Agus Kusnawan Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Penggunaan pembelajaran secara online (daring) atau yang kerap disebut sebagai E-Learning telah membuat perubahan yang sangat besar terhadap pola pengajaran yang dilakukan dalam penyampaian materi kepada siswa. Dan berdasarkan perkembangan yang terjadi dimana angka pasien yang terjangkit akibat pandemi masih tinggi mengakibatkan belum dapat terlaksananya pembelajaran secara offline atau tatap muka langsung. Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana metode pembelajaran yang selama ini dilakukan apakah tetap dapat tetap memotivasi siswa untuk tetap belajar atau tidak.   

Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berbentuk studi literatur yaitu metode mengumpulkan dan mengkaji penelitian terdahulu serta artikel yang membahas mengenai dampak pembelajaran online (daring) atau e-learning terhadap motivasi mahasiswa.

Dan berdasarkan dari hasil observasi dan studi literature yang dilakukan maka hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa perkuliahan e-learning yang dilakukan sudah memotivasi mahasiswa, dan pembelajaran bisa lebih memotivasi jika metode pembelajaran e-learning dapat berlaku dua arah atau dengan metode diskusi antara dosen dan mahasiswa

References

Adminweb. (2020). New Normal Pembelajaran di Perguruan Tinggi Pasca Pandemi Covid-19. 18 Mei 2020. https://sevima.com/new-normal-pembelajaran-di-perguruan-tinggi-pasca-pandemi-covid-19/
Ardi, S. (2020). Kuliah Daring: Banyak Tugas, Minim Fasilitas. 27 Maret 2020. https://dimensipers.com/2020/03/27/kuliah-daring-banyak-tugas-minim-fasilitas/
Aurora, A., & Effendi, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional, 2(Juli 2019). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jtev/article/view/105133
Fatin, N. (2017). Pengertian Studi Literatur. 27 Sept 2017. http://seputarpengertian.blogspot.com/2017/09/pengertian-studi-literatur.html
Feature, A. (2020). Curhat Mahasiswa Tentang Kuliah Daring Selama Pandemi. 17 Mei 2020. http://news.unimal.ac.id/index/single/1260/curhat-mahasiswa-tentang-kuliah-daring-selama-pandemi
Hasan, A. (2019). PENGERTIAN, KARAKTERISTIK dan MANFAAT E-LEARNING. Maret 2019. http://www.smkbkujkt.sch.id/read/16/pengertian-karaktiristik-dan-manfaat-eLearning
Iwa, A. (2020). Keluhkan Kuliah Daring, Mahasiswa : Sebagian Dosen Hanya Memberikan Tugas. 23 Maret 2020. https://iainbengkulu.ac.id/index.php/2020/03/23/keluhkan-kuliah-daring-mahasiswa-sebagian-dosen-hanya-memberikan-tugas/
Melfianora. (2019). Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan Studi Literatur. 05 Mei 2019, 05 Mei 2019. https://osf.io/efmc2/
Panchanov, R. (2020). Keluh Kesah Mahasiswa Kuliah Online, dari Internet Lelet hingga Gagal Paham. 28 Maret 2020. https://radarlampung.co.id/2020/03/28/keluh-kesah-mahasiswa-kuliah-online-dari-internet-lelet-hingga-gagal-paham/
Purandina, I. P. Y. (2020). Kreativitas, Kunci Sukses Pembelajaran Daring saat Pandemic Covid-19. 13 April 2020. https://radarbali.jawapos.com/read/2020/04/13/188590/kreativitas-kunci-sukses-pembelajaran-daring-saat-pandemic-covid-19
Raharja, U., Lutfiani, N., Handayani, I., & Suryaman, F. M. (2019). Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Metode Pembelajaran Online iLearning+ Pada Perguruan Tinggi. SISFOTENIKA, 9 no 2(Juli 2019). https://doi.org/10.30700/jst.v9i2.497
Setiawan, P. (2020). Pengertian E-learning – Karakteristik, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan, Jenis, Komponen, Para Ahli. 30 Des 2020.
Suwanto, & Priansa, D. J. (2016). Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis.pdf. In Alfabeta.
Suwastika, I. W. K. (2018). Pengaruh E-Learning Sebagai Salah Satu Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Sistem Dan Informatika, 13(Mei 2018). https://jsi.stikom-bali.ac.id/index.php/jsi/article/view/185
Tim Dosen UPI. (2015). Manajemen Pendidikan (DR Riduwan (ed.); Cetakan ke). Alfabeta.
Wahyudi, N. A. (2020a). Mendikbud: Sekolah Tatap Muka Bisa Dimulai Januari 2021, Asal... 20 November 2020. https://kabar24.bisnis.com/read/20201120/79/1320387/mendikbud-sekolah-tatap-muka-bisa-dimulai-januari-2021-asal
Wahyudi, N. A. (2020b). Sekolah Tatap Muka pada Semester Genap, Wewenang Ada di Gubernur. 20 November 2020. https://kabar24.bisnis.com/read/20201120/79/1320363/sekolah-tatap-muka-pada-semester-genap-wewenang-ada-di-gubernur?utm_source=Desktop&utm_medium=Artikel&utm_campaign=BacaJuga_2
Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4 no 1(April 2020). https://doi.org/https://doi.org/10.35308/jbkan.v4i1.1981
Zubaidah, N. (2020). Antispasi Wabah Corona Meluas, 276 Kampus Terapkan Kuliah Online. 18 Maret 2020. https://edukasi.sindonews.com/berita/1559965/144/antispasi-wabah-corona-meluas-276-kampus-terapkan-kuliah-online
Published
2020-08-31
How to Cite
Silaswara, D., Gunawan, I., & Kusnawan, A. (2020). Analisa Penggunaan Metode Pembelajaran E-Learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. ECo-Buss, 3(1), 36-43. https://doi.org/10.32877/eb.v3i1.171
Abstract viewed = 40 times
pdf downloaded = 37 times