Pengaruh Penetapan Harga, Kelompok Referensi dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Candu Kopi di Jalan Bangau Sakti Pekanbaru)

Authors

    Rana Azira( 1 ) Mashur Fadli( 2 )

    (1) Universitas Riau
    (2) Universitas Riau

DOI:


https://doi.org/10.32877/eb.v6i3.1180

Keywords:


Penetapan Harga, Kelompok Referensi, Gaya Hidup, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini ditujukan guna mengetahui pengaruh penetapan harga, kelompok referensi dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian (Studi Kasus Pada Candu Kopi Jalan Bangau Sakti, Pekanbaru). Persaingan yang begitu banyak sekarang ini, maka setiap perusahaan perlu menyusun strategi pemasaran. Perusahaan akan berusaha mempertahankan konsumen sebelum direbut oleh perusahaan lain yang menawarkan produk serupa. Untuk mempertahankan konsumen yang ada, setiap perusahaan tentunya mempunyai strategi pemasaran yang berbeda dengan kompetitornya dengan harapan agar perusahaan tersebut dapat bertahan dan memiliki keunggulan dibandingkan produk pesaing di pasaran. Jika perusahaan ingin memenangkan persaingan, maka kuncinya adalah berupaya untuk mempengaruhi keputusan pembelian. Kini model bisnis telah berubah yang awalnya berorientasi pasar, sekarang menjadi berorientasi konsumen, yang mengharuskan perusahaan memenangkan persaingan dengan mempertahankan konsumen. Melihat hal tersebut menuntut perusahaan untuk mengetahui berbagai keperluan serta harapan konsumen serta mengetahui sikap saat mengambil keputusan pembelian. Memahami perilaku konsumen ialah faktor penting bagi setiap perusahaan untuk mempengaruhi kemauan pembeli ketika melakukan pembelian produk yang dijual serta dibutuhkannya. Begitupula dalam situasi peningkatkan penjualan, perusahaan perlu membuat strategi yang sesuai supaya bisa memberi pengaruh konsumen saat melaksanakan pengambilan keputusan pembelian. Keputusan pembeli ketika melakukan pembelian produk bisa saja terjadi karena pengaruh lingkungan yang ada, salah satunya bermula dari kebiasaan atau gaya hidup masyarakat. Adapun metode penelitian yang dipakai ialah statistik deskriptif dan kuantitatif menggunakan model penelitian explanatory research. Kemudian untuk sampel yang dipakai sejumlah 98 responden yang ditetapkan memakai purposive sampling serta memakai kuesioner sebagai instrumen pengumpul data. Hasil penelitian ini mengungkapkan penetapan harga menghadirkan pengaruh terhadap keputusan pembelian, kelompok referensi menghadirkan pengaruh terhadap keputusan pembelian, gaya hidup menghadirkan pengaruh terhadap keputusan pembelian dan penetapan, kelompok referensi , gaya hidup menghadirkan pengaruh terhadap keputuan pembelian pada Candu Kopi Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-04-10

How to Cite

Azira, R. ., & Fadli, M. (2024). Pengaruh Penetapan Harga, Kelompok Referensi dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Candu Kopi di Jalan Bangau Sakti Pekanbaru). ECo-Buss, 6(3), 1435–1445. https://doi.org/10.32877/eb.v6i3.1180

Issue

Section

Articles
DOI: https://doi.org/10.32877/eb.v6i3.1180
DOI : https://doi.org/10.32877/eb.v6i3.1180
Abstract views: 30 / PDF downloads: 26