Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Metro
DOI:
https://doi.org/10.32877/nr.v1i2.480
Keywords:
Karya Ilmiah, Penulisan, Guru, Pendidika
Abstract
Penelitian dan publikasi ilmiah guru merupakan bagian dari penilaian kompetensi guru. Sehingga pembinaan dan bimbingan terhadap guru untuk dapat melakukan penelitian dan pubikasi ilmiah sangat diperlukan. Karena secara umum semua guru memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian dan publikasi ilmiah. Tujuan kegiatan adalah memberikan pengetahuan kepada guru dalam melakukan penelitian, baik penelitian tindakan kelas (PTK) maupun penelitian konten bidang ilmu dilanjutkan dengan publikasi ilmiah hasil penelitiannya. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi: tes awal, pemaparan materi (ceramah dilengkapi dengan praktek yang diikuti peserta), dan tes akhir. Pelaksanaan kegiatan dilakukan selama satu hari, bertempat di SMPN 1 Metro. Kegiatan diikuti oleh oleh 28 orang, terdiri atas guru SMP negeri dan swasta Kota Metro. Hasil tes awal menggambarkan pengetahuan guru terhadap penelitian dan publikasi ilmiah masih rendah, yaitu nilai terendah 11, tertinggi 30, dan rata-rata 29. Sedangkan hasil tes akhir diperoleh nilai terendah 39, tertinggi 67, dan rata-rata 52. Hasil tes akhir menunjukkan peningkatan pemahaman guru yang ditunjukkan melalui peningkatan nilai tes akhir yaitu nilai terendah meningkat 167%, nilai tertinggi meningkat 71 %, dan rata-rata meningkat 81 %..
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.