Pelatihan Pengelolaan Dan Pengembangan Laboratorium Fisika SMA Kabupaten Lampung Tengah

Authors

    Amir Supriyanto( 1 ) Sri Wahyu Suciyati( 2 ) Roniyus Marjunus( 3 ) Posman Manurung( 4 )

    (1) Universitas Lampung
    (2) Universitas Lampung
    (3) Universitas Lampung
    (4) Universitas Lampung

DOI:


https://doi.org/10.32877/nr.v1i2.443

Keywords:


Partikum, Fisika, Pengelolaan, Laboratorium, Pelatihan

Abstract

Kompetensi pengelolaan  laboratorium  yang dimiliki tenaga  laboratorium  Fisika SMA di  Kabupaten Lampung Tengah  masih rendah dan laboratorium Fisika belum diberdayakan secara optimal. Kemampuan dan kesempatan untuk mengikuti pelatihan pengelolalaan laboratorium dan pengambangan bagi pengelola laboratorium Fisika SMA masih minim. Tujuan kegiatan adalah untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan dan penngembangan guru fisika sebagai pengelola laboratorium Fisika SMA di Kabupaten Lampung Tengah, sehingga dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran berparktikum. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi: tes awal, pemaparan materi (ceramah dan diskusi), dan tes akhir.  Pelaksanaan kegiatan dilakukan selama dua hari, yaitu tanggal 12—13 Agustus 2020, bertempat di SMAN 1 Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah. Kegiatan diikuti oleh oleh 35 orang guru, yang berasal dari 18 kecamatan di Kabupaten Lampung Tengah.   Hasil tes awal menunjukkan bahwa nilai tes awal terendah 10, tertinggi 60, dan rata-rata 42,29.  Sedangkan  hasil tes akhir diperoleh nilai terendah 50, tertinggi 100, dan rata-rata 77,43. Hasil tes menunjukkan peningkatan pemahaman peserta yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai tes awal dan tes akhir dengan nilai terendah meningkat 40%, nilai tertinggi meningkat 67 %, dan rata-rata meningkat 97 %.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-05-10

How to Cite

Supriyanto, A., Suciyati, S. W., Marjunus, R., & Manurung, P. (2022). Pelatihan Pengelolaan Dan Pengembangan Laboratorium Fisika SMA Kabupaten Lampung Tengah. NEAR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 127–133. https://doi.org/10.32877/nr.v1i2.443

Issue

Section

Articles
DOI : https://doi.org/10.32877/nr.v1i2.443
Abstract views: 537 / PDF downloads: 461

Most read articles by the same author(s)