Pelatihan Pengelolaan Dan Pengembangan Laboratorium Fisika SMA Kabupaten Lampung Tengah
DOI:
https://doi.org/10.32877/nr.v1i2.443
Keywords:
Partikum, Fisika, Pengelolaan, Laboratorium, Pelatihan
Abstract
Kompetensi pengelolaan laboratorium yang dimiliki tenaga laboratorium Fisika SMA di Kabupaten Lampung Tengah masih rendah dan laboratorium Fisika belum diberdayakan secara optimal. Kemampuan dan kesempatan untuk mengikuti pelatihan pengelolalaan laboratorium dan pengambangan bagi pengelola laboratorium Fisika SMA masih minim. Tujuan kegiatan adalah untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan dan penngembangan guru fisika sebagai pengelola laboratorium Fisika SMA di Kabupaten Lampung Tengah, sehingga dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran berparktikum. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi: tes awal, pemaparan materi (ceramah dan diskusi), dan tes akhir. Pelaksanaan kegiatan dilakukan selama dua hari, yaitu tanggal 12—13 Agustus 2020, bertempat di SMAN 1 Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah. Kegiatan diikuti oleh oleh 35 orang guru, yang berasal dari 18 kecamatan di Kabupaten Lampung Tengah. Hasil tes awal menunjukkan bahwa nilai tes awal terendah 10, tertinggi 60, dan rata-rata 42,29. Sedangkan hasil tes akhir diperoleh nilai terendah 50, tertinggi 100, dan rata-rata 77,43. Hasil tes menunjukkan peningkatan pemahaman peserta yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai tes awal dan tes akhir dengan nilai terendah meningkat 40%, nilai tertinggi meningkat 67 %, dan rata-rata meningkat 97 %.