Pengembangan Kemampuan Leadership bagi Anggota Organisasi Kemahasiswaan di Tangerang

Authors

    Hendra Hendra( 1 ) Tri Angreni( 2 ) Vivin Hanitha( 3 )

    (1) Universitas Buddhi Dharma
    (2) Universitas Buddhi Dharma
    (3) Universitas Buddhi Dharma

DOI:


https://doi.org/10.32877/nr.v3i2.1336

Keywords:


Kepemimpinan, Mahasiswa, Manajemen, Organisasi, Pengembangan

Abstract

Kepemimpinan memainkan peran sentral dalam kesuksesan individu dan organisasi. Secara individu, kepemimpinan membantu seseorang memimpin dirinya sendiri, mengelola waktu dan tujuan dengan efektif. Bagi organisasi, kepemimpinan adalah pendorong utama inovasi, produktivitas, dan budaya yang positif. Kepemimpinan memungkinkan mahasiswa untuk membangun jaringan yang kuat dengan sesama mahasiswa, fakultas, staf, dan profesional di luar kampus. Ini dapat membuka pintu bagi kesempatan kerja, magang, atau kolaborasi di masa depan. Melalui posisi kepemimpinan di organisasi mahasiswa, mereka dapat mendapatkan pengalaman praktis dalam mengelola proyek, mengkoordinasi acara, dan memimpin tim, yang merupakan hal yang berharga bagi perkembangan profesional mereka. Program pengabdian Masyarakat Universitas Buddhi Dharma dilakukan melalui metode pelatihan langsung, diskusi kelompok, dan peran-peran simulasi terkait dengan tema kepemimpinan bagi mahasiswa dimana hasil kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pelatihan, bimbingan, dan sumber daya kepada anggota kemahasiswaan dalam komunitas untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan mereka. Pemimpin dan anggota yang telah menjalani pelatihan kepemimpinan  merasakan manfaat nyata dalam memiliki kemampuan untuk memotivasi dan menginspirasi anggota tim mereka, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas tim secara keseluruhan

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-05-10

How to Cite

Hendra, H., Angreni, T., & Hanitha, V. (2024). Pengembangan Kemampuan Leadership bagi Anggota Organisasi Kemahasiswaan di Tangerang. NEAR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 174–178. https://doi.org/10.32877/nr.v3i2.1336

Issue

Section

Articles
DOI : https://doi.org/10.32877/nr.v3i2.1336
Abstract views: 295 / PDF downloads: 208