Pengaruh Beban Pajak, Kepemilikan Asing Dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Melakukan Transfer Pricing Pada Perusahaan Indeks LQ 45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) 2016-2020

Authors

    JOSE LORENSIUS( 1 ) Rina Aprilyanti( 2 )

    (1) UNIVERSITAS BUDDHI DHARMA
    (2) Universitas Buddhi Dharma

DOI:


https://doi.org/10.32877/eb.v5i2.410

Keywords:


Beban Pajak, Kepemilikan Asing, Mekanisme Bonus, Transfer Pricing

Abstract

Tujuan pelaksanaan riset ini yaitu guna melakukan pengujian kepemilikan asing, beban perpajakan, mekanisme bonus apakah dalam penelitian ini memiliki pengaruh kepada transfer pricing dalam perusahaan indeks LQ 45 yang terdaftarkan pada Bursa Efek Indonesia (BEI) di 2016-2020.

Metode purposive sampling merupakan metode pengumpulan data yang dipakai pada kegiatan meneliti ini. Teknik menganalisis datanya, mempergunakan regresi linier berganda. Sample dalam penelitiannya ini di ambil perusahaan indeks LQ 45 yang terdaftar pada BEI yang berjumlah sample 11 perusahaan dari 45 perusahaan yang telah memenuhi krtiteria tertentu dalam penelitian ini. Riset ini menggunkan data sekunder yaitu laporan keuangan perusahaan indeks LQ 45 yang terdaftar dalam BEI dengan laman www.idx.co.id. Variabel pada kegiatan meneliti ini yakni Beban Pajak, Kepemlikan Asing, Mekanisme Bonus dan Transfer Priing. Pengelohan data dalam riset ini mempergunakan aplikasi Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) Versi 25.

Hasil menganalisis riset yang sudah dilaksanakan, berkesimpulan yaitu beban pajak membawa pengaruh kepada keputusan Transfer Pricing, Kepemilikan Asing membawa pengaruhnya kepada keputusan Transfer Pricing, Mekanisme Bonus membawa pengaruh kepada keputusan Transfer Pricing dan dengan bersimultan Beban Pajak, Kepemilikan Asing dan Mekanisme Bonus membawa pengaruh kepada keputusan Transfer Pricing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darussalam, Septriadi, D., & Kristiaji, B. B. (2013). Transfer Pricing: Ide, Strategi, dan panduan praktis dalam Prespektif Pajak Internasional.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. BPUD.

Indonesia, R. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2009 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan. Kementerian Sekretariat Negara, 1–11.

Khotimah, S. K. (2018). Pengaruh Beban Pajak, Tunneling Incentive, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Keputusan Perusahaan Dalam Melakukan Transfer Pricing (Studi Empiris Pada Perusahaan Multinasional Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017). Jurnal Ekobis Dewantara, 1(12), 125.

Kiswanto, N., & Purwaningsih, A. (2014). Pengaruh Pajak, Kepemilikan Asing, dan Ukuran Perusahaan terhadap Transfer Pricing pada Perusahaan Manufaktur di Bei Tahun 2010-2013. Jurnal Ekonomi Akuntansi Universitas Atma Jaya, 1–15.

Kurniawan, A. M. (2015). PAJAK INTERNASIONAL Beserta Contoh Aplikasinya (R. Sikumbang (ed.)). Ghalia Indonesia.

Martani, D. (2010). Ed Psak 46 ( 2010 ): Pajak Penghasilan Ias 12?: Income Tax. 46.

Mispiyanti. (2015). Pengaruh pajak dan mekanisme bonus terhadap keputusan transfer pricing. Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive Dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Transfer Pricing, 16(1), 62–73.

Nurjanah, I., Isnawati, & Sondakh, G. A. (2015). Faktor Determinan Keputusan Perusahaan Melakukan Transfer Pricing. Universitas Lambung Mangkurat.

Prananda, R. ’Aisy, & Triyanto, D. N. (2020). Pengaruh Beban Pajak, Mekanisme Bonus, Exchange Rate, Dan Kepemilikan Asing Terhadap Indikasi Melakukan Transfer Pricing. Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 9(2), 33–47. https://doi.org/10.21831/nominal.v9i2.30914

Refgia, T. (2017). Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Asing, Dan Tunneling Incentive Terhadap Transfer Pricing. JOM Fekon, 4(1), 1960–1970.

Sugiyono. (2017). Metode Penelititan & Pengembangan Research And Development. Alfabeta.

Suprianto, D., & Pratiwi, R. (2016). Ukuran Perusahaan Terhadap Transfer Pricing Pada Perusahaan Maufaktur Di Bursa Efek Indonesia ( Bei ) Periode 2013 – 2016. STIE Multi Data Palembang, 1–15.

Surjana, M. T. (2020). Pengaruh Pajak, Kepemilikan Asing, Dan Mekanisme Bonus terhadap Penerapan Transfer Pricing. Akuntoteknologi: Jurnal Ilmia Akuntansi Dan Teknologi, 5(2), 1–12.

Wafiroh, N. L., & Hapsari, N. N. (2016). Pajak, Tunneling Incentive Dan Mekanisme Bonus Pada Keputusan Transfer Pricing. El Muhasaba: Jurnal Akuntansi, 6(2), 157. https://doi.org/10.18860/em.v6i2.3899

Published

2022-12-10

How to Cite

LORENSIUS, J., & Aprilyanti, R. (2022). Pengaruh Beban Pajak, Kepemilikan Asing Dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Melakukan Transfer Pricing Pada Perusahaan Indeks LQ 45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) 2016-2020. ECo-Buss, 5(2), 593–605. https://doi.org/10.32877/eb.v5i2.410

Issue

Section

Articles
DOI: https://doi.org/10.32877/eb.v5i2.410
DOI : https://doi.org/10.32877/eb.v5i2.410
Abstract views: 427 / PDF downloads: 311