Strategi Pemasaran Sepeda Motor Merek Honda Tipe Matic (Studi Kasus PT. HOHO Pekanbaru)
DOI:
https://doi.org/10.32877/eb.v1i2.35
Keywords:
Produk, Harga, Promosi, Persaingan
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Kota Pekanbaru dengan tujuan untuk mengetahui kebijakan yang harus dilakukan perusahaan dalam meningkatkan pemasaran sepeda motor merek Honda tipe matic khususnya beat pada PT. HOHO Pekanbaru. Dan hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai bahan informasi bagi pembaca dan bahan acuan bagi pihak-pihak yang berkepentingan dengan masalah strategi pemasaran, serta sebagai pengembangan masa depan perusahaan distributor sepeda motor merek Honda.
Metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa deskriptif, yaitu suatu metode penelitian yang berusaha menggambarkan atau menganalisis suatu gejala, peristiwa yang terjadi pada masalah aktual atau pencarian fakta dengan interpretasi yang tepat sebagaimana adanya, tetapi tidak digunakan untuk membuat kesimpulan yang lebih luas. Dalam metode deskriptif ini hanyalah memaparkan situasi atau peristiwa faktual mengenai fakta-fakta serta hubungan antar fenomena yang diselidiki.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa PT. HOHO Pekanbaru telah berhasil mendistribusikan produknya berupa sepeda motor merek Honda beat tipe matic dari segi kelengkapan fungsi (fitur), desain, pilihan warna, keunggulan, dan daya tahan sangat unggul dan lengkap, telah berhasil menetapkan harga sesuai dengan kebutuhan konsumen dalam persaingan dan biaya kemudian telah melakukan promosi produk dengan baik, seperti advertising, sales promotion, ataupun personal selling. PT. HOHO Pekanbaru juga dinilai sudah mampu bersaing secara sangat baik dari segi persaingan merek jika dibandingkan dengan merek sepeda motor lainnya.