Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Mamakael Berniaga Sejahtera

Authors

    Wintaria Almanda( 1 ) Mauli Siagian( 2 )

    (1) Universitas Putera Batam
    (2) Universitas Putera Batam

DOI:


https://doi.org/10.32877/eb.v5i1.330

Keywords:


Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan guna mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada PT.Mamakael Berniaga Sejahtera. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen/pelanggan yang melakukan pembelian pada PT.Mamakael Berniaga Sejahtera. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan metode  Non Probability Sampling yakni Accidental Sampling yang mana pengambilan sampel yang berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan sedang berbelanja pada PT.Mamakael Berniaga Sejahtera sehingga di tentukan 100 orang konsumen sebagai responden. Pengolahan data di lakukan dengan bantuan apliaksi SPSS versi 16,00. Metode penelitian ini bersifat kuantitatif.Hasil penelitian membuktikan bahwa harga memiliki nilai t-hitung sebesar 2,211 > t-tabel 1,660 sedangkan  kualitas pelayanan memiliki nilai t-hitung sebesar 1,986 > t-tabel 1,660, sehingga harga dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan siginifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Hasil uji f menunjukan hasil bahwa harga dan kualitas pelayanan memperoleh nilai f-hitung yang lebih besar dari f-tabel 3,37 > 3,09, hal ini membuktikan bahwa harag dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baroroh, B. A., & Sutanto, J. E. (2021). The Effect of Service Quality, Price, and Brand Image on Purchasing Desicions of Moslem Wedding Equipment Service. International Journal of Review Management Business and Entrepreneurship (RMBE), 1(1), 41–49. https://doi.org/10.37715/rmbe.v1i1.1948 DOI: https://doi.org/10.37715/rmbe.v1i1.1948

Firmansyah, A. (2019). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). In Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran) Oleh Dr. M.Anang Firmansyah, S.E., (Issue December, pp. 1–299).

Firmansyah, M. A. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek. Buku Pemasaran Produk Dan Merek, August, 336.

Kencana, P. N. (2018). The Effect of Price and Product Quality on Customer Satisfaction. PINISI Discretion Review, 2(1), 53. https://doi.org/10.26858/pdr.v2i1.13230 DOI: https://doi.org/10.26858/pdr.v2i1.13230

Murdiyanto Agus. (2020). Pengaruh To Deposit Ratio (LDR), Capital Adequacy Ratio (CAR), Net Interest Margin (NIM) dan Biaya Operasional dibandingkan Pendampatan Oprasional (BOPO) Terhadap Return On Asset (ROA). Dinamika Akuntansi, Keuangan Dan Perbankan.

Prianggoro, N. F., & Sitio, A. (2020). Effect of Service Quality and Promotion on Purchase Decisions and Their Implications on Customer Satisfaction. International Journal of Engineering Technologies and Management Research, 6(6), 51–62. https://doi.org/10.29121/ijetmr.v6.i6.2019.393 DOI: https://doi.org/10.29121/ijetmr.v6.i6.2019.393

Rachman, D. A., & Suryoko, S. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Rumah Makan Wajan Mas Kudus). Diponegoro Journal of Social and Political Science, 1–8. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/

Simbolon, F. P., Handayani, E. R., & Nugraedy, M. (2020). The Influence of Product Quality, Price Fairness, Brand Image, and Customer Value on Purchase Decision of Toyota Agya Consumers: A Study of Low Cost Green Car. Binus Business Review, 11(3), 187–196. https://doi.org/10.21512/bbr.v11i3.6420 DOI: https://doi.org/10.21512/bbr.v11i3.6420

Sudarsono, H. (2020). Manajemen Pemasaran. In Pustaka Abadi, Jember.

Taiwo, J., Ucheaga, E., Achugamonu, B., Adetiloye, K., Okoye, L., & Agwu, M. (2017). Credit Risk Management: Implications on Bank Performance and Lending Growth. Saudi Journal of Business and Management Studies, 2(5B), 584–590. https://doi.org/10.21276/sjbms DOI: https://doi.org/10.21276/sjbms

Published

2022-08-10

How to Cite

Almanda, W., & Siagian, M. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Mamakael Berniaga Sejahtera. ECo-Buss, 5(1), 133–145. https://doi.org/10.32877/eb.v5i1.330

Issue

Section

Articles
DOI: https://doi.org/10.32877/eb.v5i1.330
DOI : https://doi.org/10.32877/eb.v5i1.330
Abstract views: 380 / PDF downloads: 311