Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Buddhi Dharma Tangerang)

Authors

    Peng Wi( 1 ) Salikim Salikim( 2 ) Metta Susanti( 3 )

    (1) Universitas Buddhi Dharma
    (2) Universitas Buddhi Dharma
    (3) Universitas Buddhi Dharma

DOI:


https://doi.org/10.32877/eb.v4i2.256

Keywords:


Pemahaman Akuntansi, Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional (EQ), Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Spiritual (SQ).

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami secara parsial & simultan pengaruh perilaku belajar, kecerdasan emosional (EQ), kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan spiritual (SQ). Dalam penelitian pengetesan hipotesisnya dilakukan dengan menggunakan aplikasi Smart PLS (Partial Least Squares). Perilaku belajar mempengaruhi pemahaman akuntansi, dan nilai T static perilaku belajar adalah 3,752. Dimana nilai >1,984 menunjukkan signifikan, nilai sampel asli positif, dan 0,305 menunjukkan bahwa hubungan antara perilaku belajar dan tingkat pemahaman akuntansi bersifat positif. Nilai P sebesar 0,000 (<0,005) yang berarti memiliki efek terhadap nilai F-kuadrat sebesar 0,080 dan memiliki efek kecil. EQ mempengaruhi pemahaman akuntansi memiliki nilai T static EQ dengan nilai 0,589 Nilai < 1,984 menunjukkan tidak signifikan, nilai original sample positif, dan 0,073 menunjukkan hubungan antara EQ dengan tingkat pemahaman akuntansi bersifat positif. Nilai P ialah 0,556 (>0,005) yang artinya tidak mempengaruhi, nilai F-kuadrat sebesar 0,003, dan pengaruhnya dapat diabaikan. IQ tidak memiliki efek terhadap pemahaman akuntansi Nilai t static IQ sebesar 0,523, dimana nilai < 1,984 artinya tidak signifikan, nilai original sample bernilai positif, dan 0,096 artinya arah hubungan antara keduanya dengan tingkat pemahaman akuntansi positif . Nilai P sebesar 0,601 (>0,005) yang artinya tidak memiliki efekdan nilai F-kuadrat adalah 0,005 dan dampaknya dapat diabaikan. SQ tidak memiliki efek terhadap pemahaman akuntansi. Nilai T static kecerdasan spiritual ialah 0,845, dimana nilai <1,984 yang tandanya tidak signifikan, nilai sampel asli negatif, dan -0,109 berarti hubungan antara SQ dan pemahaman akuntansi adalah negatif Nilai P sebesar 0,398 ( > 0,005), yang berarti tidak memiliki efek. Nilai F-kuadrat adalah 0,011, dan dampaknya dapat diabaikan. Perilaku belajar, EQ, IQ, SQ secara bersama-sama mempengaruhi pemahaman akuntansi, 14.3795% dan 85.6205% dipengaruhi oleh faktor lain, seperti: ceramah, diskusi, demonstrasi, eksperimen, karya wisata/studi banding, Media pembelajaran berupa: audio, visual, audio visual

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-12-15

How to Cite

Wi, P., Salikim, S., & Susanti, M. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Buddhi Dharma Tangerang). ECo-Buss, 4(2), 201–214. https://doi.org/10.32877/eb.v4i2.256

Issue

Section

Articles
DOI: https://doi.org/10.32877/eb.v4i2.256
DOI : https://doi.org/10.32877/eb.v4i2.256
Abstract views: 1448 / PDF downloads: 1246