Pengaruh Profitabilitas, Earning Per Share (EPS) Terhadap Harga Saham (Studi Empiris Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan & Minuman Yang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2017)
DOI:
https://doi.org/10.32877/eb.v3i1.176
Keywords:
Profitabilitas, Earning Per Share (EPS), Harga Saham
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa pengaruh Profitabilitas (ROA, ROE, NPM) dan EPS terhadap harga saham. Dalam penelitian ini menggunakan data sekunder. Perusahaan makanan dan minuman yang “go public”yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2014-2017 adalah populasi pada penelitian ini. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling diperoleh 11 perusahaan sesuai dengan kriteria sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda dan menggunakan PLS. Hubungan antara profitabilitas dengan harga saham adalah signifikan dengan T-statistik sebesar 2.394 (> 2.01537) dan nilai original sample negative yaitu sebesar -0.178 yang menunjukkan bahwa arah hubungan antara profitabilitas dengan harga saham adalah negative. P value sebesar 0.017(<0.005) yang berarti berpengaruh. Hubungan antara Earning Per Share (EPS) dengan Harga Saham adalah signifikan dengan T-statistik sebesar 7.536 (>2.01537) dan nilai original sample positif yaitu sebesar 0,646 yang menunjukkan bahwa arah hubungan antara Earning Per Share (EPS) dengan Harga Saham adalah positif. P value sebesar 0.000(<0.005) yang berarti berpengaruh.. Profitabilitas, Earning Per Share mampu menjelaskan variabel Harga Saham sebesar 50 %, sedangkan sisanya sebesar 50% dapat dijelaskan oleh variabel lain diluar dari penelitian ini.
Kata Kunci : Profitabilitas, Earning Per Share (EPS), Harga Saham