Intensi Kewirausahaan Sosial Wirausaha Muda di Indonesia: Studi Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.32877/eb.v4i2.247
Keywords:
Kewirausahaan Sosial, Pengalaman Kewirausahaan, Kewajiban Moral, Self-Eficacy, Dukungan Sosial
Abstract
Kewirausahaan sosial (social entreprenuership) menjadi solusi menghadapi perekonomian yang terpuruk pada saat pandemi Covid-19 di Indonesia. Penelitian ini bertujuan menginvestigasi determinan faktor intensi kewirausahaan sosial para wirausaha muda di Indonesia. Berbagai faktor diuji untuk membuktikan motivasi yang mendorong para pengusaha melakukan kewirausahaan sosial. Penelitin ini menggunakan survei sebanyak 280 para pengusaha muda. Analisis pada penelitian ini menggunakan metode statistik SEM. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa kewajiban moral, self-efficacy kewirausahaan dan dukungan sosial sebagai faktor penentu intensi kewirausahaan sosial. Hasil temuan ini memberikan bukti faktor penentu yang mempengaruhi kewirausahaan sosial yang perlu untuk pembinaan berkelanjutan sebagai salah satu solusi bisnis di masa pandemi dan akan meningkatkan perekonomi di Indonesia