Intensi Kewirausahaan Sosial Wirausaha Muda di Indonesia: Studi Masa Pandemi Covid-19

Authors

    Citrawati Jatiningrum( 1 ) Bernaditha H. S. Utami( 2 ) Suarni Norawati( 3 ) Silvany Silvany( 4 )

    (1) STMIK Pringsewu
    (2) STMIK Pringsewu
    (3) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bangkinang
    (4) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bangkinang

DOI:


https://doi.org/10.32877/eb.v4i2.247

Keywords:


Kewirausahaan Sosial, Pengalaman Kewirausahaan, Kewajiban Moral, Self-Eficacy, Dukungan Sosial

Abstract

Kewirausahaan sosial (social entreprenuership) menjadi solusi menghadapi perekonomian yang terpuruk pada saat pandemi Covid-19 di Indonesia. Penelitian ini bertujuan menginvestigasi determinan faktor intensi kewirausahaan sosial para wirausaha muda di Indonesia. Berbagai faktor diuji untuk membuktikan motivasi yang mendorong para pengusaha melakukan kewirausahaan sosial. Penelitin ini menggunakan survei sebanyak 280 para pengusaha muda. Analisis pada penelitian ini menggunakan metode statistik SEM. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa kewajiban moral, self-efficacy kewirausahaan dan dukungan sosial sebagai faktor penentu intensi kewirausahaan sosial. Hasil temuan ini memberikan bukti faktor penentu yang mempengaruhi kewirausahaan sosial yang perlu untuk pembinaan berkelanjutan sebagai salah satu solusi bisnis di masa pandemi dan akan meningkatkan perekonomi di Indonesia

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-12-15

How to Cite

Jatiningrum, C., Utami, B. H. S., Norawati, S., & Silvany, S. (2021). Intensi Kewirausahaan Sosial Wirausaha Muda di Indonesia: Studi Masa Pandemi Covid-19. ECo-Buss, 4(2), 95–106. https://doi.org/10.32877/eb.v4i2.247

Issue

Section

Articles
DOI: https://doi.org/10.32877/eb.v4i2.247
DOI : https://doi.org/10.32877/eb.v4i2.247
Abstract views: 727 / PDF downloads: 862

Most read articles by the same author(s)