Pengaruh E-Commerce dan Financial Technology Terhadap Pendapatan UMKM Sektor Fashion (Kasus Pedagang di Pasar Pusat Padang Panjang)
DOI:
https://doi.org/10.32877/eb.v7i3.1448
Keywords:
E-Commerce, Financial Technology, Pendapatan, UMKM, Kuantitatif
Abstract
Penelitian ini ditujukan guna memahami e-commerce dan financial technology pada pendapatan UMKM sektor fashion pada kasus pedagang di Pasar Pusat Padang Panjang. UMKM merupakan unit usaha yang dilaksanakan individual ataupun kelompok. Dengan perkembangan teknologi saat ini UMKM dapat melakukan berbagai cara untuk meningkatkan pendapatan mereka, seperti menggunakan e-commerce dan financial technology dua inovasi ini dapat membantu meningkatkan pendapatan melalui pemasaran produk, mempermudah jual beli dengan menggunakan e-commerce dan financial technology dapat membantu melalui pendanaan untuk modal usaha dan mempermudah transaksi pembayaran dan menghindari dari kesalahan untuk proses pembayaran. Dalam studi ini e-commerce serta financial technology menjadi variable bebas (X) serta pendapatan menjadi variable terikat (Y). Adapun teknik yang dipakai dalam studi ini ialah kuantitatif. Sampel studi ini diambil sejumlah 77 informan dari keseluruhan jumlah populasi yang berjumlah 334 yang dihitung dengan menggunakan rumus slovin, penetapan sampel tiap komoditi usaha sektor fashion menggunakan metode propotionate stratified random sampling.data diperoleh dari hasil kuisioner kemudian data diolah dan diuji mengunakan SPSS. Hasil dari uji ini yaitu e-commerce memberi pengaruh signifikan terhadap pendapatan dengan hasil sig 0,00 dan financial technology berpengaruh terhadap pendapatan dengan hasil sig 0,00. Secara simultan e-commerce dan financial technology berpengaruh terhadap pendapatan para pedagang sektor fashion di Pasar Pusat Padang Panjang.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Gina Tiflatu Syahla, Ruzikna Ruzikna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.