Pengaruh E-Commerce dan Financial Technology Terhadap Pendapatan UMKM Sektor Fashion (Kasus Pedagang di Pasar Pusat Padang Panjang)

Authors

    Gina Tiflatu Syahla( 1 ) Ruzikna Ruzikna( 2 )

    (1) Universitas Riau
    (2) Universitas Riau

DOI:


https://doi.org/10.32877/eb.v7i3.1448

Keywords:


E-Commerce, Financial Technology, Pendapatan, UMKM, Kuantitatif

Abstract

Penelitian ini ditujukan guna memahami e-commerce dan financial technology pada pendapatan UMKM sektor fashion  pada kasus pedagang di Pasar Pusat Padang Panjang. UMKM merupakan unit usaha yang dilaksanakan individual ataupun kelompok. Dengan perkembangan teknologi saat ini UMKM dapat melakukan berbagai cara untuk meningkatkan pendapatan mereka, seperti menggunakan e-commerce dan financial technology dua inovasi ini dapat membantu meningkatkan pendapatan melalui pemasaran produk, mempermudah jual beli dengan menggunakan e-commerce dan financial technology dapat membantu melalui pendanaan untuk modal usaha dan mempermudah transaksi pembayaran dan menghindari dari kesalahan untuk proses pembayaran. Dalam studi ini e-commerce serta financial technology menjadi variable bebas (X) serta pendapatan menjadi variable terikat (Y). Adapun teknik yang dipakai dalam studi ini ialah kuantitatif. Sampel studi ini diambil sejumlah 77 informan dari keseluruhan jumlah populasi yang berjumlah 334 yang dihitung dengan menggunakan rumus slovin, penetapan sampel tiap komoditi usaha sektor fashion menggunakan metode propotionate stratified random sampling.data diperoleh dari hasil kuisioner kemudian data diolah dan diuji mengunakan SPSS. Hasil dari uji ini yaitu e-commerce memberi pengaruh signifikan terhadap pendapatan dengan hasil sig 0,00 dan financial technology  berpengaruh terhadap pendapatan dengan hasil sig 0,00. Secara simultan e-commerce dan financial technology berpengaruh terhadap pendapatan para pedagang sektor fashion di Pasar Pusat Padang Panjang.

Downloads

Published

2025-04-10

How to Cite

Syahla, G. T., & Ruzikna, R. (2025). Pengaruh E-Commerce dan Financial Technology Terhadap Pendapatan UMKM Sektor Fashion (Kasus Pedagang di Pasar Pusat Padang Panjang). ECo-Buss, 7(3), 1600–1610. https://doi.org/10.32877/eb.v7i3.1448
DOI : https://doi.org/10.32877/eb.v7i3.1448
Abstract views: 11 / PDF downloads: 15