Program Pendampingan Guru Dalam Implementasi Basic Science Kits Pada Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar Negeri Bojong

Authors

    suci siti lathifah( 1 ) Aip M. Irpan( 2 ) Lilis Supratman( 3 ) Apriliana Rossa( 4 ) Risma Puspita Sari( 5 ) Azzura Gryniprillady Meyradhia( 6 )

    (1) Universitas Pakuan
    (2) Universitas Pakuan
    (3) Universitas Pakuan
    (4) Universitas Pakuan
    (5) Universitas Pakuan
    (6) Universitas Pakuan

DOI:


https://doi.org/10.32877/nr.v3i1.988

Abstract

Kurikulum Merdeka mempunyai tiga karakteristik utama yaitu: 1). Pengembangan kemampuan non-teknis (soft skills); 2). Berfokus pada materi esensial; 3) Memberikan fleksibilitas bagi guru. Science Kits berupa seperangkat alat/komponen yang ditempatkan dalam suatu tempat tertentu berfungsi sebagai alat peraga IPA. Dalam penggunaannya, biasanya alat-alat tersebut dirakit terlebih dahulu. Basic science kits merupakan alat peraga IPA ini berfungsi untuk menghadirkan suatu kejadian alam di dalam kelas selama pembelajaran IPA. Alat peraga IPA sangat diperlukan karena dengan alat peraga IPA siswa tidak harus keluar kelas, kejadian alam dapat diamati berulang-ulang, dan kejadian tersebut dapat diamati setiap saat. Maka kegiatan PkM ini berupa memberdayakan guru SD dalam menggunakan science kits di dalam kurikulum Merdeka sehingga tujuan dari pembelajaran IPA dapat tercapai. Solusinya dengan melakukan pelatihan dan pendampingan guru dalam menggunakan science kits dan mengimplementasikannya di dalam kurikulum Merdeka. Metode ini dilengkapi dengan teknik learning by doing. Proses pelatihan dilakukan dengan demonstrasi dan diskusi interaktif. Sedangkan proses pendampingan dilakukan dengan tehnik guide inquiry (inkuiri terbimbing) dengan metode praktikum. Manfaat yang diperoleh oleh guru-guru IPA yang mengikuti kegaitan Pengabdian kepada Masyarakat pendampingan guru dalam implementasi basic science kits pada kurikulum merdeka belajar karena menambah wawasan dan pengalaman dalam melaksanakan praktikum dengan menggunakan basic science kits. Mengatasi kesulitan guru dalam keterampilan menggunakan alat-alat praktikum pada basic science kits. Serta guru- guru dapat mengajarkan siswanya pengalaman praktikum dengan menggunakan basic science kits.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-11-10

How to Cite

suci siti lathifah, Irpan, A. M., Supratman, L., Rossa, A., Sari, R. P., & Meyradhia, A. G. (2023). Program Pendampingan Guru Dalam Implementasi Basic Science Kits Pada Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar Negeri Bojong. NEAR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 47–53. https://doi.org/10.32877/nr.v3i1.988

Issue

Section

Articles
DOI : https://doi.org/10.32877/nr.v3i1.988
Abstract views: 129 / PDF downloads: 112