Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan UMKM Kopi, Paket Wisata, dan Tour Guide Dalam Upaya Membentuk Wirausaha Baru
DOI:
https://doi.org/10.32877/nr.v3i1.828
Keywords:
Pemberdayaan Masyarakat, Wirausaha, Perkebunan, Agrowisata, UMKM
Abstract
Berpartisipasi membantu pemberdayaan masyarakat desa merupakan suatu usaha untuk meningkatkan kemandirian serta kesejahteraan dalam peningkatan pengetahuan, kreativitas, sikap, nilai, dan kesadaran dalam memanfaatkan sumber daya secara maksimal melalui penetapan kebijakan, program, kegiatan, dan pendampingan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat. Desa Wonosalam memiliki potensi yang besar di bidang perkebunan dan agrowisata. Potensi berupa perkebunan dan agrowisata yang diolah secara maksimal dan benar dapat memberikan nilai finansial yang bisa membantu kesejahteraan masyarakat. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan tambahan wawasan dan keterampilan untuk mengelola sebuah usaha. Metode kegiatan yang digunakan adalah pelatihan digital marketing UMKM kopi yang juga menghadirkan narasumber yang paham akan berwirausaha, pelatihan Vidiographic, Paket Wisata, dan Tour Guide, serta pendampingan terhadap pembuatan iklan UMKM dan wisata kebon kopi desa Wonosalam. Hasil dari kegiatan ini adalah masyarakat yang dapat mengenali potensi usaha dan merancang ide usaha yang akan dilakukan agar usaha terus berkembang. Masyarakat menjadi lebih paham bahwa berwirausaha bisa membantu peningkatkan kesejahterannya.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Oktavia Nur Qhoirunnisa, Acep Samsudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.