Membangun Sistem Absensi Guru dan Siswa Berbasis Website Pada SMAN 1 Pardasuka Kabupaten Pringsewu

Authors

    Eka Ridhawati( 1 ) Didi Susianto( 2 ) Afrizal Martin( 3 ) Priyono Priyono( 4 ) Fathul Muin( 5 )

    (1) STMIK PRINGSEWU
    (2) Institut Bakti Nusantara
    (3) Institut Bakti Nusantara
    (4) Institut Bakti Nusantara
    (5) Institut Bakti Nusantara

DOI:


https://doi.org/10.32877/nr.v2i2.743

Keywords:


Absensi, Website, R&D

Abstract

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk merancang sebuah website absensi berbasis web pada SMAN 1 Pardasuka Kab.Pringsewu. Pengembangan website ini menggunakan metode R&D, melalui prosedur waterfall dan pengujian kemampuan software berdasar karakteristik fungsional, keandalan, portabilitas serta kegunaan Berdasarkan hasil ujicoba pada karakterisitik dari fungsionalitas menunjukkan sistem dengan akurasi fungsional seratur persen , pada karakteristik keamanan sistem menyatakan terbebas dari virus, daftar hitam situs web, penyuntikan Spammer, dan perusakan. Uji coba pada tingkat keandalan web menyatakan sempurna dengan perolehan nilai seratus persen, Ujicoba pada portabilitas mengungkapkan jika web support pada desktop serta bisa digunakan pada Smartphone, yang terakhir ujicoba pada karakteristik kegunaan menghasilkan kelayakan cukup baik yakni delapan puluh lima persen. Model pengembangan website menggunakan metode waterfall dimana metode ini digunakan untuk menganalisa hingga menentukan alur ujicoba pada website. Hasil perancangan web ini ialah sistem informasi absensi pada SMAN 1 Pardasuka Kab.Pringsewu yang akan terus dikembangkan untuk ditingkatkan fungsi dan kemampuannya, termasuk penambahan fitur sidik jari yang akan dikembangkan nantinya

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-05-10

How to Cite

Ridhawati, E., Susianto, D., Martin, A., Priyono, P., & Muin, F. (2023). Membangun Sistem Absensi Guru dan Siswa Berbasis Website Pada SMAN 1 Pardasuka Kabupaten Pringsewu. NEAR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 120–132. https://doi.org/10.32877/nr.v2i2.743

Issue

Section

Articles
DOI : https://doi.org/10.32877/nr.v2i2.743
Abstract views: 373 / PDF downloads: 827