Sosialisasi Portal Belajar Daring Kemdikbud Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak di Masa Pandemi COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.32877/nr.v1i2.452
Keywords:
Belajar online, Motivasi, Portal Rumah Belajar, Siswa, Sosialisasi
Abstract
Abstrak
Pada masa pandemi COVID-19 dan pemulihannya, kegiatan belajar mengajar belum sepenuhnya berjalan normal. Siswa masih diharuskan untuk lebih banyak belajar dari rumah secara online dan mandiri. Untuk itu pemerintah melalui kemdikbud telah menyediakan portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi pendukung interaksi belajar siswa dengan media online maupun komunitas di dunia maya. “Rumah Belajar” hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era kemajuan industri 4.0 dan pandemi COVID yang berkepanjangan yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah melakukan sosialisasi mengenai portal Rumah Belajar dari kemdikbud kepada ibu-ibu PKK warga Meruya Utara untuk memotivasi putra/putri mereka ketika belajar di rumah. Hasil dari sosialisasi Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) ini menunjukkan bahwa setelah portal tersebut diperkenalkan dan dieksplorasi maka nilai prosentasi pemahaman dan penggunaan portal “Rumah Belajar” semakin menigkat.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.