Sosialisasi Portal Belajar Daring Kemdikbud Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak di Masa Pandemi COVID-19

Authors

    Ruci Meiyanti( 1 ) Bayu Waseso( 2 ) Bambang Jokonowo( 3 )

    (1) Universitas Mercu Buana
    (2) Universitas Mercu Buana
    (3) Universitas Mercu Buana

DOI:


https://doi.org/10.32877/nr.v1i2.452

Keywords:


Belajar online, Motivasi, Portal Rumah Belajar, Siswa, Sosialisasi

Abstract

Abstrak

Pada masa pandemi COVID-19 dan pemulihannya, kegiatan belajar mengajar belum sepenuhnya berjalan normal. Siswa masih diharuskan untuk lebih banyak belajar dari rumah secara online dan mandiri. Untuk itu pemerintah melalui kemdikbud telah menyediakan portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi pendukung interaksi belajar siswa dengan media online maupun komunitas di dunia maya. “Rumah Belajar” hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era kemajuan industri 4.0 dan pandemi COVID yang berkepanjangan yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah melakukan sosialisasi mengenai portal Rumah Belajar dari kemdikbud kepada ibu-ibu PKK warga Meruya Utara untuk memotivasi putra/putri mereka ketika belajar di rumah. Hasil dari sosialisasi Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) ini menunjukkan bahwa setelah portal tersebut diperkenalkan dan dieksplorasi maka nilai prosentasi pemahaman dan penggunaan portal “Rumah Belajar” semakin menigkat.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-05-10

How to Cite

Meiyanti, R., Waseso, B., & Jokonowo, B. (2022). Sosialisasi Portal Belajar Daring Kemdikbud Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak di Masa Pandemi COVID-19. NEAR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 134–139. https://doi.org/10.32877/nr.v1i2.452

Issue

Section

Articles
DOI : https://doi.org/10.32877/nr.v1i2.452
Abstract views: 242 / PDF downloads: 131