Pemanfaatan E-Commerce Shopee Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Ibu-Ibu PKK Pelaku Bisnis

Authors

    Winia Waziana( 1 ) Ricco Herdiyan Saputra( 2 ) Noca Yolanda Sari( 3 ) Kasmi Kasmi( 4 ) Desta Aulia( 5 )

    (1) STMIK Pringsewu
    (2) STMIK Pringsewu
    (3) STMIK Pringsewu
    (4) STMIK Pringsewu
    (5) STMIK Pringsewu

DOI:


https://doi.org/10.32877/nr.v1i2.433

Keywords:


Tekhnologi Informasi, E-Commerce, Marketplace Shopee

Abstract

E-Commerce adalah singkatan dari Electronic Commerce yang artinya sistem pemasaran secara atau dengan media elektronik.  Marketplace  adalah salah satu model E-Commerce yang berfungsi sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Marketplace adalah sebuah wadah pemasaran produk secara elektronik yang mempertemukan banyak penjual dan pembeli untuk saling bertransaksi. Ibu-ibu PKK Pekon Gadingrejo merupakan warga pelaku bisnis yang melakukan transaksi jual beli barang masih secara tradisional yaitu di pasar atau dari rumah-kerumah, sehingga penjualan dan pendapatan hanya berputar di area terdekat. Oleh karena itu, dibutuhkan pelatihan untuk pemanfaatan teknologi informasi dibidang marketplace sebagai upaya peningkatan penghasilan ibu-ibu PKK pelaku bisnis di Pekon Gadingrejo. Tujuannya adalah memberikan pelatihan dan meningkatkan pengetahuan tentang perkembangan teknologi dan sistem informasi kepada ibu-ibu PKK pelaku bisnis Pekon Gadingrejo serta agar dapat memanfaatkan teknologi informasi khususnya pada marketplace Shopee guna mempermudah promosi dan proses transaksi jual beli.

Downloads

Published

2022-05-10

How to Cite

Waziana, W., Saputra, R. H., Sari, N. Y., Kasmi, K., & Aulia, D. (2022). Pemanfaatan E-Commerce Shopee Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Ibu-Ibu PKK Pelaku Bisnis. NEAR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 107–112. https://doi.org/10.32877/nr.v1i2.433

Issue

Section

Articles
DOI : https://doi.org/10.32877/nr.v1i2.433
Abstract views: 1701 / PDF downloads: 6050