Peningkatan Minat Belajar Bahasa Inggris melalui Metode Small Group Discussion pada SMP IT Qurrata A’yun Kota Palu
DOI:
https://doi.org/10.32877/nr.v4i1.1874
Keywords:
Minat Belajar, Peserta Didik, Small Group Discussion, Bahasa Inggris, SMP IT Qurrata A’yun Palu
Abstract
Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi adanya salah satu hasil penelitian tentang penguasaan bahasa Inggris di Indonesia yang masih rendah dan belum memberikan harapan yang baik. Data menunjukkan bahwa materi grammar bahasa Inggris paling membingungkan, diikuti oleh materi berbicara (speaking) sulit dipelajari. Dengan demikian tujuan dilakukan pengabdian ini adalah Peningkatan Minat Belajar Bahasa Inggris melalui Metode Small Group Discussion Siswa SMP IT Qurrota A’yun, Palu. Tahapan pelaksanaannya melalui metode pendekatan pembelajaran berupa kegiatan edukasi terhadap proses pembelajaran bahasa Inggris yang merujuk pada proses belajar bersama dalam bentuk ‘Small Group Discussion’. Hasil pengabdian yang telah dilakukan dalam bentuk pelatihan menunjukkan bahwa model pembelajaran ‘small group discussion’ membuat semua peserta didik aktif dalam kegiatan belajar mengajar, mengajarkan kepada peserta didik menghargai pendapat orang lain dan bekerjasama dengan teman yang lain, melatih dan mengembangkan sikap sosial dan demokratis siswa, meningkatkan keterampilan berkomunikasi bagi siswa, mempertinggi partisipasi peserta didik baik secara individual dalam kelompok maupun dalam kelas, dan mengembangkan pengetahuan mereka, karena saling bertukar pendapat antar siswa dalam kelompoknya.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2024-11-28
How to Cite
Jamiluddin, J., Zamzam, F., Yatun, A. W., & Nirwana, N. (2024). Peningkatan Minat Belajar Bahasa Inggris melalui Metode Small Group Discussion pada SMP IT Qurrata A’yun Kota Palu. NEAR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 49–61. https://doi.org/10.32877/nr.v4i1.1874
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.