Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Pengembangan E-Marketing Penjualan Hasil Bumi di Desa Banjar Negeri Kabupaten Pesawaran

Authors

    Suhendro Yusuf( 1 ) T.M Zaini( 2 ) Sushanty Saleh( 3 )

    (1) Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
    (2) Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
    (3) Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya

DOI:


https://doi.org/10.32877/nr.v3i1.1021

Keywords:


E-Market, Pemberdayaan Masyarakat, Penjualan Hasil Bumi

Abstract

Kemajuan teknologi yang pesat dan menyambut era society 5.0 menuntut para petani untuk ikut memperbaharui sistem pertanian maupun penjualan hasil pertanian. Masalah yang dihadapi petani di Desa Banjar Negeri adalah harga jual pada umumnya ditentukan oleh pedagang setempat, sehingga petani sulit untuk mengembangkan hasil panennya ke pembeli serta kesusahan dalam memasarkan hasil panennya dengan harga yang sesuai. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk  pendampingan dan membantu masyarakat desa dalam  meningkatkan penjualan hasil bumi melalui e-marketing. Penjualan hasil bumi dengan merancang sebuah sistem informasi yang akan digunakan masyarakat setempat khususnya di Desa Banjar Negeri untuk memasarkan hasil panennya ke konsumen yang berupa jenis tanaman palawija. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah masyarakat memiliki kemampuandan keterampilan dalam kegiatan penjualan hasil bumi melalui e market dan dapat meningkatkan penjualan dari sebelumnya

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-11-10

How to Cite

Yusuf, S., Zaini, T., & Saleh, S. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Pengembangan E-Marketing Penjualan Hasil Bumi di Desa Banjar Negeri Kabupaten Pesawaran. NEAR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 74–80. https://doi.org/10.32877/nr.v3i1.1021

Issue

Section

Articles
DOI : https://doi.org/10.32877/nr.v3i1.1021
Abstract views: 49 / PDF downloads: 46