Strategi Costumer Relationship Management Dalam Mempertahankan Pelanggan Pada Coffee Shop Grama Sphere

Authors

    Fahmi Rizky( 1 ) Sri Sudiarti( 2 ) Atika( 3 )

    (1) UIN Sumatera Utara
    (2) UIN Sumatera Utara
    (3) UIN Sumatera Utara

DOI:


https://doi.org/10.32877/ef.v5i3.951

Keywords:


Customer Relationship Management, Loyalitas, Konsumen, Pelanggan, Strategi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi dan eketivitas Strategi Customer Relationship Management untuk menjaga konsumen terhadap Coffee Shop Grama Sphere. Program CRM diterapkan untuk menjadikan loyalitas konsumen pda perusahaan hingga korelasi dari penjual dan pembeli dapat mengarahkan sebuah hubungan dari mitra tidak sebatas transaksi yang biasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan sumber data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara dan studi dokumentasi dengan datang langsung ke Coffee Shop Grama Sphere dan mewawancarai narasumber yang ada. Hasil penelitian menunjukan 1.Implementasi Customer Relationship Management yang dijalankan oleh Coffee Shop Grama Sphere mengandung tiga aspek penting yang diterapkan yaitu: a. Aspek people sudah diterapkan dengan baik dengan adanya sikap yang baik dari karyawan yang membuat konsumen merasa nyaman dan puas sehingga dapat menumbuhkan loyalitas konsumen. b. Process yang dijalankan meliputi pelayanan, promosi dan pengenalan produk serta penanganan terhadap keluhan. c. Aspek technology yang digunakan yaitu pelanggan dapat melakukan pemesanan dengan lebih mudah dengan bantuan teknologi langsung melalui aplikasi untuk gojek/grab, Instagram, WhatsApp, dan pembayaran non tunai. 2. Efektifitas Customer Relationship Management dalam meningkatkan penjualan di Coffee Shop Grama Sphere adalah bahwa proses menilai efektivitas implementasi CRM sangat penting untuk mengidentifikasi peran penting dalam kemajuan strategi CRM untuk mencapai tujuan pemasaran strategis dan akhirnya keberhasilan Coffee Shop Grama Sphere. Selain itu fungsi dari CRM ini dapat dimanfaatkan dalam proses prospeksi dan strategi keterlibatan pelanggan, juga mencatat beberapa hal bagus untuk menerapkan CRM dalam lingkungan pemasaran di Coffee Shop Grama Sphere. Selain itu juga agar mampu menciptakan hubungan antara Coffee Shop Grama Sphere dan pelanggan dapat berjalan lebih cepat dan mudah sehingga akan membangun hubungan yang lebih baik antara Coffee Shop Grama Sphere dan pelanggan

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-10

How to Cite

Rizky, F., Sudiarti, S., & Atika. (2023). Strategi Costumer Relationship Management Dalam Mempertahankan Pelanggan Pada Coffee Shop Grama Sphere. ECo-Fin, 5(3), 247–259. https://doi.org/10.32877/ef.v5i3.951

Issue

Section

Articles
DOI : https://doi.org/10.32877/ef.v5i3.951
Abstract views: 149 / PDF downloads: 122