Strategi Costumer Relationship Management Dalam Mempertahankan Pelanggan Pada Coffee Shop Grama Sphere
DOI:
https://doi.org/10.32877/ef.v5i3.951
Keywords:
Customer Relationship Management, Loyalitas, Konsumen, Pelanggan, Strategi
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi dan eketivitas Strategi Customer Relationship Management untuk menjaga konsumen terhadap Coffee Shop Grama Sphere. Program CRM diterapkan untuk menjadikan loyalitas konsumen pda perusahaan hingga korelasi dari penjual dan pembeli dapat mengarahkan sebuah hubungan dari mitra tidak sebatas transaksi yang biasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan sumber data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara dan studi dokumentasi dengan datang langsung ke Coffee Shop Grama Sphere dan mewawancarai narasumber yang ada. Hasil penelitian menunjukan 1.Implementasi Customer Relationship Management yang dijalankan oleh Coffee Shop Grama Sphere mengandung tiga aspek penting yang diterapkan yaitu: a. Aspek people sudah diterapkan dengan baik dengan adanya sikap yang baik dari karyawan yang membuat konsumen merasa nyaman dan puas sehingga dapat menumbuhkan loyalitas konsumen. b. Process yang dijalankan meliputi pelayanan, promosi dan pengenalan produk serta penanganan terhadap keluhan. c. Aspek technology yang digunakan yaitu pelanggan dapat melakukan pemesanan dengan lebih mudah dengan bantuan teknologi langsung melalui aplikasi untuk gojek/grab, Instagram, WhatsApp, dan pembayaran non tunai. 2. Efektifitas Customer Relationship Management dalam meningkatkan penjualan di Coffee Shop Grama Sphere adalah bahwa proses menilai efektivitas implementasi CRM sangat penting untuk mengidentifikasi peran penting dalam kemajuan strategi CRM untuk mencapai tujuan pemasaran strategis dan akhirnya keberhasilan Coffee Shop Grama Sphere. Selain itu fungsi dari CRM ini dapat dimanfaatkan dalam proses prospeksi dan strategi keterlibatan pelanggan, juga mencatat beberapa hal bagus untuk menerapkan CRM dalam lingkungan pemasaran di Coffee Shop Grama Sphere. Selain itu juga agar mampu menciptakan hubungan antara Coffee Shop Grama Sphere dan pelanggan dapat berjalan lebih cepat dan mudah sehingga akan membangun hubungan yang lebih baik antara Coffee Shop Grama Sphere dan pelanggan
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fahmi Rizky, Sri Sudiarti, Atika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.