Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Syariah PT. BPRS Puduarta Insani Tembung)
DOI:
https://doi.org/10.32877/ef.v5i3.908
Abstract
Lembaga keuangan dituntut untuk lebih fokus pada kepuasan pelanggan, kualitas layanan, dan kualitas produk akibat saat ini persaingan semakin banyak. Akibatnya, bank termotivasi untuk meningkatkan kualitas produk, pelayanan, dan relationship marketing untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan mendapatkan loyalitas mereka. Kualitas produk, kualitas pelayanan, dan relationship marketing diidentifikasi sebagai variabel independen pada penelitian ini, sedangkan loyalitas nasabah diidentifikasi sebagai variabel dependen. Alasan dilakukannya eksplorasi ini adalah untuk mengetahui bagaimana dampak kualitas produk, kualitas pelayanan, dan relationsip marketing Bank Syariah PT. BPRS Puduarta Insani Tembung terhadap loyalitas nasabah. Dengan menggunakan metodologi kuantitatif, penelitian ini yaitu penelitian lapangan. Data primer ditangani karena penelitian ini yaitu informasi langsung kemudian diperiksa melalui program SPSS 25. Pengumpulan informasi diperoleh melalui angket yang disampaikan kepada 90 responden. Metode pengambilan sampel yang dipakai agar menjabarkan data karena studi ini yaitu dengan memakai regresi linier berganda. Kualitas produk (X1), Kualitas Pelayanan (X2), dan RelationshipMarketing (X3) semuanya ditemukan memiliki dampak positif dan penting pada Loyalitas Nasabah (Y).
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hanifah Oktaviani Fakhri, Sri Ramadhani, Nurul Jannah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.