Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus KPP Pratama Jakarta Kebayoran Lama Tahun 2022)

Authors

    Leonardus Danang Novanto Sukoyo( 1 ) Muhammad Sopiyana( 2 )

    (1) Universitas Pamulang
    (2) Universitas Pamulang

DOI:


https://doi.org/10.32877/ef.v5i2.772

Keywords:


Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi, Kesadaran Wajib Pajak, Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modernisasi sistem administrasi perpajakan dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi yang ada di KPP Pratama Kebayoran Lama. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak KPP Pratama Kebayoran Lama. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wajib pajak orang pribadi yang terdaftar dalam KPP Pratama Kebayoran Lama. Metode pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dan teknik kuesionernya dengan penentuan menggunakan perhitungan slovin. Jumlah sampel yang digunakan adalah 100 wajib pajak yang terdapat pada KPP Pratama Kebayoran Lama. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS versi 24. Hasil penelitian yang diperoleh dalam uji F (simultan), modernisasi sistem administrasi perpajakan dan kesadaran wajib pajak secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Hasil pengolahan data secara parsial menunjukkan modernisasi sistem administrasi perpajakan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi, kesadaran wajib pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-06-10

How to Cite

Sukoyo, L. D. N., & Sopiyana, M. (2023). Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus KPP Pratama Jakarta Kebayoran Lama Tahun 2022). ECo-Fin, 5(2), 136–142. https://doi.org/10.32877/ef.v5i2.772

Issue

Section

Articles
DOI : https://doi.org/10.32877/ef.v5i2.772
Abstract views: 349 / PDF downloads: 307