Analisa Pengaruh Audit Tenure, Ukuran Perusahaan, dan Debt to Equity Terhadap Audit Delay

Analisa Pengaruh Audit Tenure, Ukuran Perusahaan, dan Debt to Equity Terhadap Audit Delay

Authors

  • Edyana Halim Subagja Universitas Buddhi Dharma

DOI:

https://doi.org/10.32877/ef.v4i1.456

Keywords:

Audit Tenure, Ukuran Perusahaan, Debt to Equity, Audit Delay

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menuji analisa pengaruh Audit Tenure, Ukuran Perusahaan, dan Debt to Equity terhadap Audit Delay. Audit Delay diukur dari selisih antara tanggal tutup buku perusahaan (30 Des) dengan tanggal pelaporan audit terhadap laporan keuangan yang telah diaudit oleh KAP. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang merupakan laporan keuangan tahun 2012-2016 dari Bursa Efek Indonesia.
Populasi penelitian ini terhadap perusahaan Consumer Goods yang terdaftar di BEI tahun 2013-2016 yaitu sebanyak 42 perusahaan. Sampel penelitian yang digunakan adalah sebanyak 23 perusahaan dalam periode 4 tahun. Sampel diambil secara purposive sampling yang memenuhi kriteria pemilihan sampel. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis yang terdiri dari uji parsial dan simultan, analisis regresi beganda dan uji Adjusted ????2. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan program SPSS 23 for windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Audit Fee dan Debt to Equity secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Audit Delay. Sedangkan Audit Tenure dan Ukuran Perusahaan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Audit Delay. Nilai Adjusted R Square adalah 0,681 atau 68,1%. Hal ini berarti 68,1% variabel dependen yaitu Audit Delay dapat dijelaskan oleh keempat variabel independen. Sedangkan 31,9% dijelaskan oleh faktor-faktor lain diluar model.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-06-24

How to Cite

Subagja, E. H. (2022). Analisa Pengaruh Audit Tenure, Ukuran Perusahaan, dan Debt to Equity Terhadap Audit Delay. ECo-Fin, 4(1), 23–31. https://doi.org/10.32877/ef.v4i1.456

Issue

Section

Articles
Abstract views: 50 / PDF downloads: 46
Loading...